Agar Resolusi Tubuh Lebih Langsing Bisa Tercapai

Kompas.com - 06/01/2015, 09:57 WIB
Ilustrasi joging. ShutterstockIlustrasi joging.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Di awal tahun selalu terucap resolusi untuk hidup lebih sehat. Kenyataannya, hanya sedikit orang yang mencapai resolusi itu .Ingin bisa lebih langsing di 2015? Tad Waddington, PhD, CEO Lasting Contribution dan penulis buku Return on Learning punya trik untuk sukses mencapai resolusi tahun baru.

1. Mulai dari rencana kecil
"Banyak orang tidak dapat memahami masalah yang dialami," katanya. Banyak dari kita yang langsung saja mengerjakan resolusi itu dan gagal.

Bila ambisi tahun baru adalah menurunkan beberapa kilogram berat badan, mulailah di awal Januari ini dengan olah raga selama satu menit. Setelah itu baru tingkatkan tantangan sedikit demi sedikit. "Kemampuan dan tujuan harus sebanding," katanya.

Tentu tidak realistis kalau Anda tak pernah olahraga dan berambisi ingin ikut acara lari 5 km di pertengahan Januari. Kegagalan di awal bulan tentu akan mengecilkan semangat untuk hidup lebih sehat di sisa 11 bulan selanjutnya.

2. Bikin daftar pantangan
Ketika melihat rencana setahun ke depan, kita pasti memikirkan apa yang ingin dilakukan. Waddington menyarankan agar kita membuat pantangan yang dipercaya bakal membuat kita memulai rencana dengan hal kecil dan berujung pada tujuan yang realistis. Pastikan agar saat mencapai tujuan resolusi, kita tak mengorbankan elemen-elemen penting dalam hidup kita gara-gara ingin mendapatkan hasil instan.

3. Tak perlu diumumkan
Ia juga tak menyarankan resolusi awal tahun diumumkan di media sosial. Pasalnya, ada kemungkinan kita untuk terpeleset tak melakukannya. Ketika kita merasa mengecewakan orang lain, kita makin jatuh ke dalam lubang kritik diri sendiri. Kita jadi menghabiskan waktu keluar dari lubang itu dibanding kembali ke jalur tujuan resolusi.

4. Kita selalu bisa membuat perubahan
Di awal tahun mungkin kita merasa sulit berubah. Segera ketika melakukan resolusi itu, kita menempuh jalan terjal dan merasakan kekalahan telak. Tetaplah bertahan dan Anda pasti jadi lebih terampil untuk mengatasi tantangan. Ada hari-hari Anda tak mampu mengatasi godaan sebatang rokok. Berhasil menahan diri selama beberapa jam tidak merokok saja, Anda sudah membuat perubahan.

5. Kenali bias di dalam diri sendiri
Kita cenderung mengingat peristiwa negatif daripada positif. Waddington mengatakan kita menghitung ganda untuk hal negatif dan satu hitungan untuk hal positif.

Kenali kecenderungan ini, sehingga ketika kita gagal, kita dapat kembali ke jalur dengan cepat dan meraih kemajuan. Sangat manusiawi bila kita mengecam hal-hal yang salah. Saat itu, ingat-ingat juga hal benar yang pernah kita lakukan.

6. Fokuskan pada napas
Saat sendiri, kita cenderung mengeritik diri sendiri. "Ketika kita memfokuskan diri pada napas, Anda punya kesempatan lebih sedikit untuk mengeritik diri sendiri," ujar Waddington. Latihan napas ini juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

7. Bikin strategi
Persiapkan diri mencapai tujuan resolusi seperti merencanakan sebuah perang. Untuk itu, buatlah taktik, kumpulkan senjata dan bertarunglah dengan gigih. Rencana itu sebaiknya tak menghabiskan seluruh waktu kita dalam sehari. Tetapi kita harus memastikan resolusi ini adalah sesuatu yang penting dan perlu dicapai untuk kebaikan diri sendiri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X