Kompas.com - 06/01/2015, 16:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak mudah memang menghilangkan kebiasaan yang sudah lama dimiliki, termasuk kebiasaan yang buruk bagi kesehatan seperti merokok. Dibandingkan dengan pria, ternyata berhenti merokok lebih sulit dilakukan oleh wanita.

Dalam sebuah penelitian terhadap mencit ditemukan, mencit betina lebih gampang kecanduan dan juga lebih sulit berhenti walau frekuensi merokoknya sama dengan pria. Selain itu naik turunnya hormon selama siklus haid juga membuat upaya berhenti merokok tak mudah dilakukan.

Meski demikian, ada tips yang bisa dilakukan untuk membantu kaum hawa menghentikan kebiasaan merokoknya. Caranya adalah mulai berhenti merokok sebelum dimulainya siklus haid (tahap mid-luteal). Pada masa ini gejala ketagihan biasanya tak sekuat pada setelah masa haid.

Seperti diketahui, penurunan hormon estrogen dan progresteron setelah masa haid akan memperburuk gejala ketagihan dan meningkatkan aktivitas saraf yang berkaitan dengan rasa ketagihan. Makanya keinginan untuk merokok pun lebih kuat.

Selain faktor hormonal, wanita juga cenderung lebih mudah stres dan cemas sehingga jumlah perokok wanita lebih banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.