Kompas.com - 15/01/2015, 13:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com
– Minum air putih atau minuman yang mengandung ion nampaknya selalu menjadi pilihan untuk mengganti cairan dalam tubuh seusai olahraga. Namun, berdasarkan penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, minuman terbaik untuk tubuh setelah berolahraga adalah susu.

Susu dinilai dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh karena juga mengandung sodium, karbohidrat, dan protein.

Penelitian ini melibatkan 15 orang yang diminta melakukan olahraga bersepeda. Setiap selesai bersepeda, mereka diberi minuman yang berbeda-beda, mulai dari susu, susu kedelai, hingga suplemen berbasis susu sapi.

Setelah itu, peneliti mengukur darah dan urine pesepeda untuk menentukan hidrasi dan tingkat gizinya. Hasilnya, semua jenis susu lebih cepat memulihkan dehidrasi setelah olahraga dibandingkan air putih. Tambahan konsumsi suplemen berbasis susu pun ternyata paling baik untuk menyimpan cairan dalam tubuh.

Hal ini membuat para pesepeda tak lagi merasa lelah. Kandungan protein dalam susu membuat mereka tidak mudah kembali mengalami dehidrasi dibanding yang hanya minum air putih.

Menurut peneliti, hanya dengan minum air putih setelah olahraga, juga dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh dan lebih mungkin membuat seseorang dehidrasi. Susu dinilai sebagai minuman terbaik untuk menghapus rasa lelah seusai berolahraga yang menguras tenaga.


 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber TIME.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.