Kompas.com - 20/02/2015, 11:12 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 


JAKARTA, KOMPAS.com –
Banyak faktor yang menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi. Selain dari segi fisik, disfungsi ereksi ternyata juga bisa dipengaruhi oleh kondisi psikologis pria.

Psikolog seksual Zoya Amirin mengatakan, sering kali disfungsi ereksi disebabkan ketika pria merasa tak percaya diri.

“Disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh rasa tidak percaya diri seorang pria. Sering kali yang bikin gagal ereksi itu karena pikirannya sendiri,” terang Zoya dalam acara peluncuran website tinggalminta.com di Jakarta, Selasa (18/2/2015).

Menurut Zoya, banyak pria yang merasa akan menjadi laki-laki sejati jika dapat menguasai performa seksualnya. Sehingga, sekali ia gagal memuaskan pasangan dapat menjadi beban pikiran seorang pria.

“Misalnya, dari 10 kali berhubungan seks, 9 kali berhasil dan 1 kali gagal. Tapi yang diingat terus oleh pria biasanya yang gagalnya saja,” ujar Zoya.

Masalah disfungsi ereksi pun dapat disembuhkan dengan diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Dokter spesialis andrologi Heru H Oentoeng menjelaskan, disfungsi ereksi merupakan ketidakmampuan alat vital pria atau penis untuk mencapai atau mempertahankan kondisi ereksi saat melakukan hubungan seksual.

Pria juga tak perlu malu untuk konsultasi masalah disfungsi ereksi kepada orang yang berkompeten. “Kondisi disfungsi ereksi seringkali tidak diperhatikan oleh penderitanya dan baru terdiagnosa setelah konsultasi ke dokter,” kata Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.