Kompas.com - 21/03/2015, 12:05 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com –
Senam aerobik bisa dilakukan oleh siapa pun, baik usia muda maupun tua. Gerakannya mudah, berulang, dan  mengikuti irama musik.

Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto mengungkapkan, senam aerobik pun sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dilakukan dengan baik.

“Senam aerobik dilakukan dengan oksigen, yaitu tidak terengah-engah, masih bisa berbicara dengan mudah saat senam,” kata Michael saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/3/2015).

Menurut Michael, senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang menggunakan oksigen, gerakan ringan, dan berulang. Senam aerobik bisa dilakukan dengan mengikuti irama musik yang semangat dan sambil bernyanyi.

Sedangkan olahraga nonaerobik yaitu olahraga yang tidak menggunakan osigen dan lebih berat, seperti angkat besi dan lari cepat.

Namun, lakukanlah sesuai kemampuan. Jika mulai lelah dan napas terengah-engah, segera berhenti mengikuti gerakan senam. Anda juga bisa memasang alat monitor jantung untuk mengetahui kondisi tubuh.

“Kalau sudah capek, turunkan intensitas latihan. Kalau pusing stop, capek stop,” imbuhnya.

Saat olahraga juga jangan lupa minum agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Adapun, manfaat senam aerobik antara lain, untuk menurunkan berat badan, menurunkan darah tinggi, menyehatkan jantung, dan mencegah diabetes.

Senam aerobik sebaiknya dilakukan minimal 30 menit dan maksimal 1 jam dalam waktu 2-3 kali seminggu. Senam ini lebih seru jika dilakukan beramai-ramai di ruang terbuka.

Jangan lupa mengikuti kegiatan senam aerobik bersama Kompas.com di ajang Car Free Day pada 22 Maret 2015 yang berlokasi di depan mal FX Sudirman Jakarta, mulai pukul 06.00. Dalam kegiatan tersebut juga akan diadakan pengecekan kesehatan gratis untuk 100 orang pertama, serta berbagai games seru lainnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.