Kompas.com - 02/04/2015, 13:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok, saya mempunyai anak laki-laki yang baru mengalami operasi pengambilan testis (sedikit hitam pada testis) akibat radang. Perlu diketahui bahwa kadang testis anak saya suka berada di atas (yang kanan, terutama saat menahan kencing) selangkangan, tapi biasanya tidak sakit. Untuk kasus kali ini tidak mau turun dan sakit. Akhirnya observasi dan diangkat. 

Pertanyaan saya, bagaimana dengan fungsi testis satunya lagi dan masalah kesuburannya kelak ? (testis sekarang tinggal satu dan ukurannya normal). Terima kasih.
 
Ahmad Ariyanto (39), Blitar


JAWAB:
 
Sebenarnya untuk menentukan fungsi testis dapat dilihat pada perkembangan seksual seorang anak saat usia pubertas. Sedangkan untuk menilai fungsi kesuburannya harus dilakukan analisis cairan spermanya.

Maka untuk kasus si kecil yang dapat dilakukan adalah dengan mengobservasi saja sampai suatu saat dia memasuki usia pubertas dan dewasa. Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan secara umum dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X