Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2015, 17:07 WIB


KOMPAS.com
- Buah apel tak hanya dikenal sebagai makanan sehat saat diet, tapi juga memiliki berbagai manfaat sehat bagi tubuh. Salah satunya, menguatkan dan memutihkan gigi. Selain itu, masih banyak manfaat yang terkandung di dalam buah apel. Berikut sembilan manfaat buah apel yang bisa kita nikmati.

1. Apel dapat membantu menguatkan serta memutihkan gigi. Kandungan serat di apel membuat gigi kita akan lebih kuat ketika kita mengunyah apel, apel juga membantu mengatasi masalah gusi serta pendarahan dan bakteri di mulut.

2. Apel yang kaya akan serat dan mengandung antioksidan juga membantu memberikan perlindungan terhadap Parkinson. Peyakit Parkinson disebabkan oleh rusaknya sel dopamin saraf, yang kemudian mempengaruhi seluruh sistem saraf.

3. Mengonsumsi apel akan mengurangi risiko terkena diabetes. Serat larut di dalam apel dapat mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh yang kemudian mencegah penyakit diabetes tipe dua, terutama pada perempuan.

4. Serat larut yang tinggi di dalam apel juga akan mengendalikan tingkat kolestrol di dalam tubuh, karena serat larut menghancurkan lemak di dalam usus.

5. Manfaat apel bagi kesehatan yang selanjutnya adalah apel dapat melawan diare dan sembelit, karena serat di dalam apel akan menyerap kelebihan air dari tinja yang membantu mengendalikannya di dalam tubuh.

6. Mengonsumsi apel juga akan menjaga berat badan kita. Apel dapat mengobati penyakit yang berkaitan dengan obesitas, seperti diabetes dan gagal jantung.

7. Apel juga mengandung banyak antioksidan yang disebut quercetin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

8. Ternyata, apel juga mampu mencegah katarak. Serat yang terkandung di dalam apel sangat baik untuk mata.

9. Apel menyehatkan jantung kita. Apel yang kaya serat, akan mengurangi risiko pengantaran kolestrol ke arteri di dalam tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com