Kompas.com - 20/07/2015, 19:40 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mengonsumsi cukup air adalah pencegahan penyakit ginjal paling dini. Meski begitu, jika sudah terdapat penurunan fungsi ginjal, cairan berlebih justru berbahaya bagi tubuh.

Penurunan fungsi ginjal bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan laboratorium, yaitu pemeriksaan ureum dan kreatinin dari darah dan urinalisis.

"Bila menderita penurunan fungsi ginjal, dimana kemampuan ginjal membuang kelebihan air dalam tubuh sudah berkurang, banyak minum justru berbahaya karena cairan berlebih itu bisa menumpuk di paru dan jantung, sehingga menyebabkan kondisi gawat darurat," kata dr.Lydia D. Simatupang, ahli ginjal dan hipertensi.

Pasien pun harus segera melakukan terapi hemodialisis (cuci darah). Menggunakan mesin, fungsi ginjal untuk membuang kelebihan cairan, bahan kimia, dan produk sisa dari darah, digantikan.

Lydia menjelaskan, minum cukup air untuk menghindari dehidrasi, (yang menyebabkan penyakit ginjal dengan sebab pre-renal sehingga asupan darah ke ginjal berkurang) memang dianjurkan.

"Tetapi air yang dikonsumsi juga tidak berlebihan, yaitu sekitar 1,5 - 2 liter perhari. Cukup minum pada orang yang sehat juga berguna untuk mencegah terjadinya batu ginjal," katanya.

Sementara itu, pengaturan asupan cairan penting dilakukan bagi pasien penyakit ginjal. Ini karena pada umumnya produksi urine penderita gagal ginjal kronik menurun sehingga jumlah cairan yang masuk perlu diperhitungkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.