Kompas.com - 27/07/2015, 10:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak bisa berhenti makan meski sedang menurunkan berat badan? Penyebab kita sulit menahan nafsu makan bukan hanya karena perut memang lapar, tapi juga karena faktor kesenangan semata.

Menurut penelitian, keinginan untuk terus makan bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan tingkat hormon tertentu.  Dalam temuan yang dipublikasikan di jurnal Cell Reports, peneliti menemukan bahwa dorongan untuk makan berlebihan disebabkan oleh kurangnya hormon GLP-1 ( glucagon like peptide) dalam tubuh.

Selain makan berlebihan, kekurangan hormon ini juga membuat seseorang cenderung memilih makanan berlemak. Hormon GLP-1 sangat memengaruhi napsu makan karena dapat memberikan sinyal di otak ketika terasa kenyang.

"Mengapa kita makan, berapa banyak dan kapan kita berhenti makan itu dikendalikan oleh sistem saraf pusat," ujat tim peneliti, Profesor Zhiping Pang.

Uji coba untuk melihat pengaruh tingkat hormon GLP-1 dilakukan pada tikus. Tikus dengan tingkat hormon GLP- 1 rendah memiliki keinginan makan berlemak yang lebih besar dan terlihat lebih rakus.

Asisten peneliti dari Universitas Rutgers Vincent Mirabella mengatakan, setelah hormon GLP-1 ditingkatkan pada tikus tersebut, keinginan makan berlebihan dan berlemak tinggi menjadi berkurang.

Penelitian ini bisa dikembangkan untuk mengatasi orang obesitas dengan memberikan tetapi hormon tertarget. Selain itu, menurut penelit, adanya temuan ini dapat membantu mengatasi kecanduan narkoba, alkohol, hingga rokok. Sebab, hormon GLP-1 juga memengaruhi sinyal di otak yang berkaitan dengan perilaku sesorang untuk kecanduan.

"Ini adalah daerah yang sama dari otak yang dapat mengontrol perilaku adiktif seperti kecanduan narkoba, alkohol, nikotin," kata dia. (Dailymail.co.uk)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.