Kompas.com - 25/08/2015, 18:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Untuk konsumsi sehari-hari, air harus higienis atau terbebas dari bakteri, virus, hingga bahan kimia. Jika tidak, berbagai risiko penyakit mengintai Anda.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Umar Fahmi Achmadi mengungkapkan, konsumsi air dengan kualitas buruk bisa meningkatkan risiko penyakit akibat kuman dalam air seperti kolera, rotavirus, diare, tipus, sakit kuning, hingga polio.
"Penyakit-penyakit ini jarang sekali dikaitkan dengan konsumsi air. Padahal pas dicek, minumnya selama ini tidak bersih," ujar Umar di Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Umar mengatakan, bahaya kualitas air yang diminum pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung tahun 2010 lalu. Penelitian menunjukkan, 47,8 persen balita laki-laki yang mengalami diare terinfeksi rotavirus. Di Jawa Barat, sejumlah anak yang minum dari air yang bersumber dari sungai mengalami polio. Ditambah lagi, anak-anak tersebut memang tidak vaksin polio.

Menurut Umar, air tak hanya tercemar kuman, bakteri maupun virus, tapi juga bahan kimia berbahaya. "Bakteri kalau air direbus sampai mendidih mungkin mati, tapi logam berat tidak," kata Umar. Umar mengimbau masyarakat untuk konsumsi air yang benar-benar higienis, yaitu tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbakteri.

Dalam kesempatan yang sama, pendiri Indonesia Water Institute Firdaus Ali mengungkapkan, saat ini hanya 29 persen masyarakat Indonesia yang dapat mengakses air bersih melalui perpipaan. Angka tersebut sangat jauh dari target pemerintah tahun 2019, yakni sebesar 60 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.