Manfaat Menakjubkan Suplemen Minyak Ikan

Kompas.com - 28/08/2015, 16:00 WIB
Ilustrasi suplemen minyak ikan. ShutterstockIlustrasi suplemen minyak ikan.
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Suplemen minyak ikan dikenal karena manfaatnya yang menakjubkan untuk tubuh manusia. Mulai dari meningkatkan kemampuan kognitif, sampai membantu jantung memompa dengan efisien.

Manfaat terbaru dari minyak ikan adalah menyehatkan koloni bakteri baik di usus. Bahkan, para ahli meyakini kemampuan tersebut berpengaruh besar pada program penurunan berat badan.

Dalam penelitiannya, tim dari University of Gotherburg, Swedia, membandingkan efek dari minyak ikan dan lemak babi pada bakteri usus.

Lemak babi ternyata mendorong pertumbuhan bakteri Bilophila, yang terkait dengan inflamasi di usus. Sebaliknya dengan minyak ikan yang akan meningkatkan jumlah bakteri Akkermansia muciniphila, yang bisa menurunkan berat badan dan memperbaiki metabolisme gula darah.

Penelitian yang dilakukan pada tikus di laboratorium juga menunjukkan hasil yang sama. Tikus yang diberikan minyka ikan pada makanannya memiliki efek perlindungan terhadap kenaikan berat badan dan inflamasi.

Minyak ikan dan lemak babi sebenarnya sama-sama lemak dan memiliki kandungan energi yang setara. Tapi keduanya tidak sama. Lemak babi berasal dari babi dan biasanya dipakai dalam pembuatan roti. Kandungan lemak jenuh dalam lemak babi mencapai 40 persen, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol jahat.

Minyak ikan sebaliknya. Penelitian di Harvard Medical School menemukan bahwa suplemen minyak ikan bermanfaat untuk melindungi jantung, mencegah inflamasi, bahkan meningkatkan kesehatan mental.

Kandungan omega-3 dalam minyak ikan merupakan faktor utama dari berbagai manfaat positif suplemen ini.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X