Kompas.com - 29/08/2015, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Tubuh terasa pegal atau nyeri adalah hal yang wajar dalam dunia fitnes. Bukan hanya bagi mereka yang sudah lama absen tidak latihan, mereka yang sudah profesional-pun juga masih berpotensi mengalaminya.

Namun fitnes mania tidak perlu khawatir karena hal itu merupakan bagian dari perkembangan otot. Bagi fitnes mania yang sudah lama tidak latihan dan ingin memulai lagi, selain mengikuti tips di atas, perhatikan juga pola makan dan suplementasinya.

Agar latihan lebih maksimal, maka pastikan kecukupan asupan protein dan karbohidrat. Apabila nutrisi melalui real food kurang, maka Anda bisa menambahkan suplemen. Selain suplemen protein, suplemen seperti Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition sangat penting untuk membantu meningkatkan ukuran sel otot, serta menambah tenaga dan stamina Anda.

Ingat, jangan sampai memaksakan diri hingga otot mengalami kelelahan karena hal ini dapat mengakibatkan sejumlah masalah, salah satunya adalah potensi cedera. Langkah-langkah di atas akan memudahkan Anda untuk kembali ke bentuk ideal tubuh yang diidamkan serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.