Kompas.com - 05/09/2015, 12:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Apa yang Anda makan ternyata dapat memengaruhi kualitas hubungan seksual. Mulai dari makanan yang dapat menurunkan libido, menyulitkan untuk mencapai orgasme, hingga meningkatkan produksi sperma yang abnormal.

Harley Street Specialist dokter Cecilia Tregear mengatakan, seksualitas sangat dipengaruhi oleh bagian otak yang menghasilkan bahan kimia dan hormon untuk merangsang perasaan cinta, daya tarik, gairah, hingga orgasme.

"Perlu makanan yang tepat untuk memastikan produksi bahan kimia dan hormon itu,” ujar Cecilia.

Ahli gizi Frida Harju yang juga pakar nutrisi kesehatan dan kebugaran mengungkapkan sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari jika ingin aktivitas di atas ranjang berjalan lancar.

Alkohol
Terlalu banyak minum alkohol dapat membuat pria kesulitan ereksi atau mencapai orgasme. Minum alkohol berlebihan juga akan membuat Anda sangat mengantuk sehingga tak bergairah untuk melakukan hubungan seksual. Akan tetapi, dalam jumlah sedikit alkohol tidak akan memengaruhi libido Anda.

Daging merah
Makan daging merah terlalu banyak dipercaya dapat mengganggu kadar hormon alami laki-laki. Secara keseluruhan, daging merah adalah sumber protein dan seng yang membantu pembentukan otot sehingga mengurangi lemak dalam tubuh.

Kacang kedelai
Kacang kedelai juga salah satu sumber protein. Namun, jika terlalu banyak dikonsumsi dapat memengaruhi gairah seks karena menurunnya kadar testoteron dan jumlah sperma.

Mint
Daun mint mungkin menyegarkan makanan yang dikonsumsi. Namun, menurut ahli kandungan mentol pada daun mint dapat menurunkan kadar testoteron pada pria sehingga menurunkan gairah seks saat bertemu pasangan.

Akar manis
Tanaman akar manis atau Liquorice merupakan salah satu bahan membuat permen, teh herbal, dan juga minuman lainnya. Tanaman ini ternyata mengandung phytoestrogen yang dapat mempengaruhi tingkat testosteron dalam tubuh dan berakibat pada lemahnya gairah seksual.

Kina
Beberapa minuman ditambahkan kina agar ada rasa sedikit pahit dan segar. Sayangnya, minum kina ternyata bisa memberikan efek buruk pada libio Anda.

Cokelat
Cokelat selama ini dikenal sebagai afrodisiak yang dapat meningkatkan gairah seksual. Cokelat mengandung anandamide dan phenylethylamine yang dapat memicu tubuh melepaskan hormon bahagia atau endorfin. Namun, siapa sangka ternyata cokelat juga mengandung methylxantines yang justru membuat Anda lesu di atas ranjang karena menurunkan libido.

Gorengan
Makan gorengan tak hanya mengganggu diet Anda. Lemak trans pada gorengan dapat menurunkan libido pria maupun wanita. Bahkan, dapat meningkatkan produksi sperma yang abnormal, seperti gerakan sperma menjadi lebih lambat dan jumlahnya sedikit. Hal ini membuat kehamilan pada wanita sulit tercapai.

Popcorn
Makanan ringan yang biasa dijadikan camilan saat menonton film ini dapat menurunkan hasrat seksual. Menurut ahli, tak hanya disebabkan oleh popcorn, tetapi wadah makanan tersebut yang mengandung bahan kimia perfluoroalkyl dinilai dapat menurunkan gairah seks pada pria.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.