Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2015, 18:03 WIB

KOMPAS.com — Teh hijau merupakan salah satu menu minuman yang populer di kafe dan restoran di wilayah Asia meski orang-orang di bagian dunia lain juga mulai mengonsumsinya secara rutin baru-baru ini. Alasan mengapa semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi sehari-hari karena teh hijau menawarkan banyak manfaat sehat.

Teh hijau diproses berbeda dengan teh hitam. Pembuatan teh hitam melibatkan proses fermentasi, sedangkan teh hijau menghindari itu sehingga membuatnya kaya dengan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek sangat baik untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat sehat teh hijau yang bisa Anda nikmati.



1. 
Membantu menurunkan berat badan

Kandungan polyphenol dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berarti tubuh dapat mengonversi makanan menjadi kalori dengan lebih cepat sehingga membantu penurunan berat badan. Konsumsi teh hijau secara rutin dengan kombinasi makanan sehat dapat membantu mengurangi berat badan dalam jumlah yang signifikan selama beberapa minggu.


2. 
Menurunkan risiko kanker

Penelitian dan studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki peluang lebih rendah terserang kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam teh hijau yang mampu melawan radikal bebas dan sel kanker dalam tubuh, yang membantu menghentikan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal atau kanker usus besar.


3. 
Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Teh hijau menambah kapasitas antioksidan dalam darah, yang kemudian akan membantu memastikan partikel kolesterol lemak baik akan tersimpan. Ini berarti kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan diminimalkan, membuat tubuh lebih sehat dan segar. Kadar kolesterol jahat yang lebih rendah akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.


4. 
Menurunkan risiko diabetes tipe II

Berbagai studi menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, yang akan membantu menurunkan kadar gula darah. Teh hijau sangat baik untuk penderita diabetes tipe II dan bahkan sebagai langkah pencegah.


5. 
Baik untuk kesehatan gigi

Konsumsi teh hijau juga dapat meningkatkan kesehatan gigi. Kandungan catechins dalam teh hijau mampu menghambat plak dan virus di mulut. Jadi, sangat baik mengonsumsi teh hijau untuk menghindari kerusakan gigi dan infeksi mulut. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi bau mulut.


6. 
Menurunkan risiko penyakit alzhaimer’s dan parkinson’s

Hasil berbagai studi menunjukkan bahwa catechins dalam teh hijau memiliki efek perlindungan pada neuron sehingga membantu melindungi otak dalam jangka panjang. Peluang untuk terserang penyakit neurodegeneratif, seperti alzheimer’s dan parkinson’s pun dapat berkurang.

Dianjurkan untuk tidak menambahkan susu dalam teh hijau karena akan mengurangi efek antioksidan pada tubuh. Jika Anda kurang menyukai rasa asli teh hijau, Anda dapat menambahkan beberapa sendok madu alami. Selain itu, pilih produk teh hijau yang paling sedikit mengandung fluoride sehingga tubuh dapat merasakan hasil maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com