Kompas.com - 08/09/2015, 18:03 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Teh hijau merupakan salah satu menu minuman yang populer di kafe dan restoran di wilayah Asia meski orang-orang di bagian dunia lain juga mulai mengonsumsinya secara rutin baru-baru ini. Alasan mengapa semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi sehari-hari karena teh hijau menawarkan banyak manfaat sehat.

Teh hijau diproses berbeda dengan teh hitam. Pembuatan teh hitam melibatkan proses fermentasi, sedangkan teh hijau menghindari itu sehingga membuatnya kaya dengan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek sangat baik untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat sehat teh hijau yang bisa Anda nikmati.



1. 
Membantu menurunkan berat badan

Kandungan polyphenol dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berarti tubuh dapat mengonversi makanan menjadi kalori dengan lebih cepat sehingga membantu penurunan berat badan. Konsumsi teh hijau secara rutin dengan kombinasi makanan sehat dapat membantu mengurangi berat badan dalam jumlah yang signifikan selama beberapa minggu.


2. 
Menurunkan risiko kanker

Penelitian dan studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki peluang lebih rendah terserang kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam teh hijau yang mampu melawan radikal bebas dan sel kanker dalam tubuh, yang membantu menghentikan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal atau kanker usus besar.


3. 
Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teh hijau menambah kapasitas antioksidan dalam darah, yang kemudian akan membantu memastikan partikel kolesterol lemak baik akan tersimpan. Ini berarti kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan diminimalkan, membuat tubuh lebih sehat dan segar. Kadar kolesterol jahat yang lebih rendah akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.


4. 
Menurunkan risiko diabetes tipe II

Berbagai studi menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, yang akan membantu menurunkan kadar gula darah. Teh hijau sangat baik untuk penderita diabetes tipe II dan bahkan sebagai langkah pencegah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X