Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Meski Anda sudah menjadi anggota sebuah gym selama bertahun-tahun, bukan berarti Anda bisa seenaknya saat latihan di gym. Mengabaikan etika di gym (walau tidak tertulis), bisa merugikan orang lain.

Berikut adalah beberapa etika yang perlu diketahui saat berada di tempat latihan kebugaran:

1. Datang terlambat
Datang terlambat ke kelas aerobik tidak cuma mengganggu orang lain di kelas itu, tetapi juga sebenarnya berbahaya bagi Anda. Ini karena Anda melewatkan sesi pemanasan dan risiko cedera lebih besar. Jika Anda tahu bakal terlambat lebih dari 10 menit, atau meninggalkan kelas 10 menit lebih awal, lebih baik jangan ikuti kelas aerobik.

2. Bersikap seenaknya
Cukup sering karena tindakan seenaknya seseorang malah menghalangi orang lain memakai alat yang sama. Misalnya tidak membereskan alat setelah memakainya atau berlatih terlalu lama dengan satu alat tanpa memedulikan orang lain.

3. Terlalu sering "selfie"
Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk selfie atau ngobrol di telepon ketimbang membakar keringat tentu akan merusak kenyamanan di tempat latihan. Ini menyangkut dengan privasi orang lain yang ada di sana. Sebaiknya, sesuaikan diri dengan aturan di tempat gym tersebut.

4. Merasa paling tahu
Mungkin Anda merasa bisa memberi tahu pria di sebelah Anda bagaimana melakukan latihan beban yang paling efektif atau cara melakukan push up yang benar. Tetapi, jika Anda tidak memiliki sertifikat kebugaran profesional, jangan terlalu gampang mengkritik atau memberi saran.

5. Bau
Selalu cuci perlengkapan olahraga Anda setelah selesai latihan, bukan hanya pakaian, melainkan juga handuk dan kaus kaki. Jangan sampai orang lain merasa terganggu latihannya karena mencium aroma tidak sedap dari tubuh Anda yang berkeringat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+