Kompas.com - 14/09/2015, 15:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengurangi stres dan merasa lebih bahagia, mulai dari menjaga asupan nutrisi, olahraga rutin, hingga berkonsultasi dengan orang yang tepat. Namun, para peneliti telah menemukan cara yang cukup praktis untuk mengurangi tingkat stres maupun depresi, yaitu jangan lewatkan ikan dalam menu makan Anda hari ini.

Dr Majid Fotuhi, seorang direktur medis dari NeuroGrow Brain Fitness Center di Virginia, memaparkan, “asam lemak omega-3 pada ikan memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi peradangan, ini menjadi modal penting dalam upaya meningkatkan mood hingga mengurangi depresi.”

Asam lemak omega-3 juga memiliki andil dalam pengaturan dopamin dan serotonin. Dopamin sendiri merupakan neotransmitter pada otak yang membantu mengontrol rasa puas, senang, bahagia, dan sejenisnya. Sedang serotonin juga memiliki fungsi serupa, yaitu membantu memperbaiki suasana hati, mengurangi kesedihan, maupun depresi.

Pernyataan tersebut juga didukung dengan studi terbaru yang dikeluarkan oleh Journal of Epidemiology & Community Health. Awalnya, para peneliti ingin melihat lebih dalam apa saja pengaruh seringnya mengonsumsi ikan. Kemudian mereka menganalisis sekitar 26 studi observasi tahun 2001 hingga 2014, dengan topik keterkaitan makan ikan dengan depresi yang melibatkan sekitar 150.000 orang. Hasilnya?

Seseorang yang sering makan ikan memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena stres berat atau depresi ketimbang mereka yang jarang atau sama sekali tak makan ikan.

Beberapa tahun yang lalu, hubungan antara diet sehat dan depresi memang masih menjadi topik kontroversial. Namun belakangan, penelitian membuktikan hasil yang berbeda. Menu sehat seperti ikan, buah, serta sayur ternyata memiliki andil cukup banyak dalam mencegah terjadinya stres berlebih yang menyebabkan depresi. Akhirnya, akan membantu Anda untuk lebih mudah merasa bahagia setiap harinya.

Jadi, sudahkah Anda makan ikan hari ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber TIME.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.