Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2015, 11:19 WIB
KOMPAS.com - Bagi para pecinta teh, setiap cangkir teh hangat yang dihidangkan memiliki cita rasa yang sangat unik. Bukan hanya rasa dan aromanya saja, ternyata setiap teh juga memiliki khasiat yang berbeda.

Ahli nutrisi Neema Savvides mengatakan, beberapa minuman teh bisa meningkatkan kesuburan, sementara ada juga rendaman teh yang bisa membuat tidur lebih nyenyak, dan mencegah kanker.

Kenali apa saja khasiat dari teh favorit Anda:

Teh tradisional English Breakfast tea
Kandungan antioksidan yang kaya dalam teh hitam ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Walau demikian, waspadai kandungan kafeinnya jika Anda sedang hamil. Menambahkan sedikit susu mungkin akan mengurangi kadar antioksidannya, jadi sebaiknya hanya tambahkan sedikit lemon dan madu.

Teh jahe dan lemon
Efek meningkatkan energi dari jahe dan lemon memang membuat teh ini cocok dikonsumsi pagi hari atau saat suasana hati sedang murung. Teh ini juga memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga bisa membersihkan, mengurangi nyeri, bahkan meningkatkan sirkulasi dari organ reproduksi.

Jahe juga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, misalnya perut kembung, bergas, dan diare. Jahe juga sejak lama menjadi andalan para ibu hamil yang mengalami morning sickness.

Teh melati
Teh ini terkenal karena aromanya yang enak. Teh melati juga sudah dipakai di China selama berabad-abad karena dianggap bisa meningkatkan fertilitas dan berfungsi sebagai afrodisiak. Karena kandungan kafeinnya, sebaiknya batasi konsumsi teh ini dan jangan meminumnya di malam hari agar tidur tak terganggu.

Teh hijau
Ini adalah teh super karena khasiatnya yang sangat banyak bagi tubuh. Penelitian menunjukkan, hypoxanthine dan polifenol, dua zat utama yang terkandung di dalamnya, dipercaya dapat meningkatkan kematangan sel telur sehingga lebih mudah dibuahi.

Sebagian kandungan dalam teh hijau juga memiliki efek meredakan kecemasan, meningkatkan metabolisme, dan membantu pembakaran lemak.

Teh mint
Secangkir teh yang diberi daun mint adalah resep untuk membuat kita rileks dengan instan. Kandungan penting dalam teh ini antara lain vitamin A,C, dan B12. Teh mint biasanya dipilih untuk mengatasi keluhan pencernaan dan secara tradisional diminum setelah makan. Manfaat lain dari teh ini adalah mengurangi gejala batuk dan pilek, serta mencegah bau napas tak sedap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com