Kompas.com - 18/09/2015, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna
BOGOR, KOMPAS.com - Tim peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian menyebut, kandungan limonin pada buah jeruk Siam mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menurunkan rasio kolesterol jahat atau LDL.

Erliza Noor, salah satu tim peneliti menjelaskan, limonin merupakan senyawa khas yang terdapat pada buah jeruk. Karena rasanya yang pahit, banyak orang tidak menyukainya. Padahal, limonin memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, diantaranya menghambat pertumbuhan tumor, menurunkan rasio kolesterol LDL, serta mengurangi risiko penyakit penyumbatan pembuluh darah, dan juga kanker.

Ia menyebutkan, di beberapa negara limonin dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan dan bahan tambahan makanan dan minuman. “Kandungan limonin ada pada biji jeruk dan kulitnya. Hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi industri sari jeruk untuk memanfaatkan limbah biji jeruk," ujar Erliza, Jumat (18/9/15).

Hasil penelitian menyebut, dari biji jeruk Siam menghasilkan limonin lebih banyak dibandingkan varietas jeruk lainnya. Erliza menambahkan, kadar limonin yang tinggi bisa menjadi potensi yang dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi.

“Hasil rekayasa proses isolasi didapatkan kadar kemurnian limonin yang dihasilkan sebesar 27 persen, sehingga tergolong dalam pharmaceutical grade dan dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.