Kompas.com - 28/09/2015, 13:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Kopi termasuk dalam minuman yang sering mendapat predikat buruk, terutama untuk mereka yang memiliki penyakit jantung. Salah satu penyebabnya adalah anggapan kopi dapat meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang tak bisa diremehkan. Hipertensi yang tdak terkendali akan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Tetapi, penelitian terbaru menegaskan bahwa minum kopi tidak berdampak pada kenaikan kadar tekanan darah pada mereka yang sudah memiliki hipertensi. Kopi akan meningkatkan tekanan darah selama beberapa jam setelah kita meminumnya, tetapi itu pun pada orang yang jarang minum kopi.

Jika Anda tidak terbiasa minum kopi, zat-zat di dalamnya menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga pembuluh darah meningkat. Namun, beberapa jam setelahnya pembuluh darah kembali normal dan efek itu hilang.

Jika Anda telah terbiasa minum kopi, tubuh akan mengembangkan toleransi dan tekanan darah tidak terpengaruh.

Menurut Prediman Krishan Shah, dokter jantung, peningkatan tekanan darah sementara tidak membahayakan pada kebanyakan orang. Bahkan orang yang memiliki hipertensi masih aman minum satu atau dua cangkir kopi setiap hari.

"Peningkatan tekanan darah jangka pendek seperti setelah minum kopi tidak akan meningkatkan risiko terjadinya hipertensi kronik," kata Shah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat positif minum kopi, antara lain menurunkan risiko diabetes, batu ginjal, dan kanker. Bahkan, minum kopi sampai tiga cangkir setiap hari akan menurunkan risiko hipertensi asalkan orang itu tidak merokok.


Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X