Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sebulan Turunkan 10 Kg Berat Badan Tanpa Olahraga

Kompas.com - 29/09/2015, 17:10 WIB
KOMPAS.com - Niat untuk menurunkan berat badan sering kita ucapkan saat kita akan menjalani peristiwa penting, seperti pernikahan, wisuda, atau ingin wawancara kerja. Tapi, adakah cara untuk menurunkan berat badan dengan singkat dan efektif?

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik. Tetapi, sebenarnya kita juga bisa mengurangi berat badan, misalnya dengan target 10 kg dalam satu bulan, meski tanpa olahraga. Berikut kiatnya:

1. Jaga asupan kalori
Batasi asupan kalori Anda tak lebih dari 1.100 kalori perhari. Memang ini tampaknya sulit, tetapi kita memang harus mengurangi kalori jika ingin lebih langsing.

Pembatasan kalori bisa dilakukan dengan cara melakukan perubahan kecil, misalnya mengurangi karbohidrat sederhana seperti roti atau nasi, mengganti susu whole milk dengan susu rendah lemak, mengurangi gorengan, serta makan 4-5 kali makan dalam porsi kecil ketimbang 3 kali makan besar untuk membuat metabolisme tetap aktif.

2. Hindari minuman manis
Minumlah 10-12 gelas air putih setiap hari. Hindari semua minuman manis, termasuk soft drink, jus, susu, teh atau kopi dengan gula, dan juga alkohol. Minuman ini tinggi kalori tetapi tidak memberikan nutrisi.

3. Buat jurnal
Lacak apa saja yang Anda makan dan minum setiap hari dalam jurnal makanan. Melakukan hal ini akan membantu kita melacak asupan kalori harian. Anda juga bisa mengunduh aplikasi di ponsel untuk menghitung kebutuhan kalori dan juga berapa yang harus dibakar lewat olahraga dalam sehari.

3. Penuhi kebutuhan vitamin
Selain memperbanyak asupan serat dan vitamin lewat makanan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memastikan tubuh tidak kekurangan nutrisi. Suplemen asam amino L-glutamine juga bisa membantu kita mengurangi keinginan makan sekaligus mempercepat pembakaran lemak.

4. Jangan sering menimbang
Walau Anda penasaran apakah program yang dijalankan sudah berhasil atau tidak, tapi tahan diri untuk tidak sering-sering menimbang berat badan. Sebainya lakukan hanya seminggu sekali. Menimbang badan setiap hari bisa membuat kita jadi malas jika upaya penurunan berat badan tak berjalan secepat harapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com