Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2015, 10:51 WIB

KOMPAS.com - Menurut studi terbaru, makan secara teratur dan mengemas sendiri bekal makan siang merupakan diet terbaik dan lebih sehat tentunya.

 

Pada sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Public Health Nutrition, para peneliti menemukan bahwa mahasiswa yang memasak sendiri makanannya di rumah dan mengonsumsi sarapan serta makan siang secara teratur,  memiliki diet yang lebih baik.

 

Mereka menghindari makanan cepat saji dan minuman manis serta lebih banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Orang-orang yang makan sambil berjalan atau sambil menggunakan media, cenderung lebih tidak sehat.

 

Rencana ke depan, sebaiknya kita mematikan televisi ketika sedang makan. Hal itu bisa menciptakan kebiasaan makan yang baik. "Selain mempertimbangkan pilihan makanan, penting juga untuk mempertimbangkan konteks waktu makan,” tulis para peneliti pada jurnal tersebut.

 

Para peneliti menyarankan, sebaiknya pemerintah Amerika mengembangkan pedoman diet yang berisi pola dan kebiasaan makan yang sehat dengan mengambil inspirasi dari negara-negara lain.

 

Sebagai contoh, para peneliti menyarankan untuk mengadaptasi kebiasaan makan orang jepang yang mengedepankan “komunikasi dengan keluarga saat di meja makan” dan “membangun ritme sehat dengan makan secara teratur mengikuti waktu makan yang sudah ditentukan”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com