Kompas.com - 22/10/2015, 09:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tinggal dengan jarak kurang lebih 10 km dari bandar udara ternyata tidak menyehatkan. Studi baru menemukan mereka yang bermukim dekat bandara lebih mudah terkena masalah jantung dan asma.

Periset menyalahkan penyebab polusi bernama karbon monoksida (CO) yang dikeluarkan lebih banyak ketika pesawat di diam di bandara atau berjalan ke arah runway.

Mereka menemukan rumah sakit merawat pasien asma dan masalah pernapasan 17 persen lebih tinggi pada orang yang tinggal kurang lebih 10 km dari bandara. Sementara masalah jantung diderita 9 persen lebih tinggi.

Akademisi dari Colombia University dan University of California dalam riset ini meneliti paparan polusi harian dan kesehatan di daerah yang dekat pada 12 lapangan udara di California.

Studi ini melibatkan arah hembusan angin. Termasuk yang diteliti adalah daerah dalam 10 km berada dalam arah angin dari bandara di hari-hari polusi tinggi. Mereka yang tinggal di situ menderita penyakit jantung, asma dan masalah pernapasan lebih tinggi.

Daerah yang dekat bandar udara termasuk lebih urban, padat namun makmur dengan harga rumah rata-rata lebih tinggi di daerah California lainnya.

Dampak kesehatan itu diukur dari perawatan inap di rumah sakit dan kunjungan gawat darurat dalam semalam. Data itu diambil dari penduduk dari 164 daerah hunian dalam 10 km dari 12 lapangan udara terbesar di California.

Karbon monoksida diproduksi khususnya ketika mesin pesawat terbang menyala dengan kecepatan rendah seperti ketika sedang berhenti.

Zat polutan lain Nitrogen Dioksida (NO2) diproduksi pula ketika mesin pesawat bekerja dalam kecepatan tinggi. Namun peneliti menemukan bahwa karbon monoksida yang diproduksi ketika pesawat diam merupakan polutan kunci yang menyebabkan penyakit dalam studi.

Periset juga meneliti lebih jauh dampak kesehatan tersebut pada anak-anak balita dan lansia di populasi secara keseluruhan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.