Kompas.com - 24/10/2015, 15:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Pergi ke gym merupakan kegiatan andalan untuk orang yang ingin menerapkan hidup sehat dan membentuk tubuh. Sayangnya, tak semua orang bisa merasakan latihan fisik di gym lantaran berbagai alasan, seperti biaya yang tak sesuai dengan kantong atau padatnya jadwal aktifitas.

Pusat kebugaran bukan satu-satunya tempat untuk memiliki tubuh yang sehat dan fit. Yang diperlukan adalah latihan secara rutin (di mana saja) setidaknya 30 menit setiap hari.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk Anda yang ingin bugar, tapi tak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga.

1. Berjalan kaki
Jalan kaki merupakan aktifitas sederhana namun memiliki khasiat besar. Kegiatan ini mampu meredakan stres dan menyehatkan tubuh. Berjalan selama 45 menit akan melatih otot dan melancarkan sirkulasi darah. Tubuh pun lebih sehat.

2. Aktifitas menantang
Kini orang-orang lebih menyukai kegiatan yang menguji kekuatan fisik. Misalnya saja mengikuti triatlon, atau latihan singkat seperti circuit training atau high intensity interval training. Anda bisa mengunduh programnya di smartphone dan ikuti petunjuknya. Jangan lupa lakukan pemanasan yang cukup sebelumnya.

3. Mendaki
Mendaki adalah salah satu cara tertua dan paling efektif untuk meningkatkan aliran darah ke jantung. Selain itu, menjelajah alam juga efektif mengurangi stres dan meningkatkan kapasitas antioksidan.

4. Lompat tali
Lompat tali sangat membantu untuk membuat tubuh lebih kuat dan fit karena akan meningkatkan detak jantung dan membakar kalori lebih banyak. Disarankan untuk melakukan kegiatan ini di lantai kayu atau tanah agar tidak mencederai sendi.

5. Naik tangga
Menaiki anak tangga lebih bermanfaat bagi kesehatan ketimbang menggunakan eskalator atau lift, karena dapat membakar kalori sekaligus membentuk otot. Selain itu, naik tangga juga memperkuat jantung dan paru-paru.

6. Jadikan rutinitas sehari-hari seperti latihan
Buatlah rutinitas harian Anda sebagai pengganti latihan olahraga. Melakukan aktivitas fisik seperti membersihkan rumah, berkebun atau mencuci mobil, merupakan cara sederhana dan sudah terbukti membuat kita bugar dan sirkulasi darah lebih lancar. (Muthia Zulfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.