Kompas.com - 02/11/2015, 13:09 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Merokok merupakan kebiasaan buruk, dampaknya bukan cuma bagi kesehatan tubuh kita tapi juga orang di sekitar yang terpapar asap rokok. Sayangnya, kita sering tidak menyadari bahaya tersebut, terutama orang yang merasa hanya merokok sesekali.

Menurut dr. Frans Abednego, spesialis paru, sebenarnya ada rumus untuk menentukan seberapa berat kebiasaan merokok yang kita miliki.

"Cara menghitungnya gampang. Hitung usia saat mulai merokok sampai sekarang. Misalnya sudah 20 tahun merokok, kalikan dengan jumlah batang yang dihisap dalam sehari" katanya dalam seminar "Healthy Lung for Life Symposium" di Jakarta (30/10/15).

Jika hasil jumlah rokok yang Anda hisap antara 200-600 itu berarti Anda tergolong perokok ringan, jika jumlahnya 600-800 termasuk perokok sedang, dan jika lebih dari 800 maka Anda tergolong perokok berat.

Menurut data penelitian, makin berat kebiasaan merokoknya maka risikonya terkena penyakit pun semakin besar. Namun, memang penyakit akibat merokok itu tidak langsung muncul, sehingga sulit untuk meyakinkan perokok untuk berhenti.

“Perokok mungkin mengabaikan efek-efek kecil seperti batuk atau sesak napas. Hendaknya berhentilah merokok sebelum mendapatkan efek yang lebih besar dalam kurun waktu belasan atau puluhan tahun kemudian,” pungkas Frans. (Muthia Zulfa)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.