Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Nyeri Sendi dengan Rutin Latihan Tai Chi

Kompas.com - 04/11/2015, 13:15 WIB
KOMPAS.com - Untuk mencegah sendi bertambah kaku akibat penyakit radang sendi, latihan fisik perlu dilakukan secara teratur. Salah satu olahraga yang disarankan adalah latihan tai chi.

Penelitian terbaru dari Universitas British Columbia di Kanada menemukan bahwa olahraga Tai Chi efektif untuk membantu penderita radang sendi atau Osteoathritis (OA).

Tai Chi merupakan olahraga tradisional Cina dengan gerakan lambat, pernafasan yang dalam dan pemusatan pikiran dengan unsur meditasi.

"Gerakan yang lembut, gemulai, tenang, lambat dan beraturan akan memberikan dampak emosi yang tenang. Olahraga ini berpusat di pinggang dan dialirkan ke seluruh tubuh yang dapat membuat otot-otot perut kuat dan pinggang menjadi lentur" jelas Martin Rizal S, pendiri perguruan Tai Chi Energi Alam Semesta.

Martin menyarankan agar latihan tai chi dilakukan setiap hari selama seminggu untuk melenturkan sendi-sendi. Namun, jika waktu tidak memungkinkan, bisa diganti dengan latihan-latihan kecil, seperti membiasakan berdiri dengan telapak kaki sebagai tumpuan.

"Orang-orang biasanya berdiri mengandalkan tumit sebagai tumpuan dan itu salah karena tumpuan tumit tidak terlalu kuat dan rentan terhadap tulang kering. Seharusnya menggunakan telapak kaki," terangnya.

Selain itu, Martin juga menganjurkan untuk melakukan olahraga dengan cara 3 tahap. Tahap pertama, warming up atau pemanasan gunanya untuk mencegah resiko cedera. Lalu dilanjutkan dengan latihan ringan seperti peregangan dan diakhiri dengan pendinginan.

"Seringkali orang-orang lupa dengan cooling down. Setelah olahraga, mereka sibuk dengan gadget. Padahal cooling down penting untuk otot agar tidak kram," katanya

Selain tai chi, olahraga yang tidak terlalu berat seperti bersepeda dan berenang juga baik untuk penderita radang sendi. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com