Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2015, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com – Sinar matahari sangat dibutuhkan anak-anak, khususnya pada pagi hari. Paparan sinar matahari secukupnya bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

“Vitamin D ini akan membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga bisa meningkatkan tinggi badan anak,” ujar Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia Ahmad Syafiq di sela-sela acara Gerakan Nusantara Frisian Flag Indonesia (FFI) di SD Bubutan IV, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (18/11/2015).

Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dengan terpapar sinar matahari selama 10 menit per hari saja sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam sehari.

Untuk itu, anak-anak disarankan rajin melakukan aktivitas fisik di luar ruangan pada pagi hari sekitar pukul 06.00-10.00.

Brand Manager FFI Refa Hayudi Griyanda menambahkan, berdasarkan data South East Asian Nutrition Survey (Seanuts) anak usia 2-4 tahun yang mengalami kekurangan vitamin D mencapai 42,8 persen di pedesaan dan 34,9 persen di perkotaan.

“Jadi di Gerakan Nusantara 2015 ini tak hanya memberikan pendidikan gizi, tapi mengajak anak lebih aktif melakukan aktivitas di luar ruangan, ada senam, main basket,” kata Refa.

Aktivitas fisik disarankan dilakukan selama niminal 30 menit setiap hari atau sedikitnya tiga kali dalam seminggu. Aktivitas fisik bisa meningkatkan rasa percaya diri anak, mengurangi stres, membangun rasa sportifitas, hingga membangun kesetiakawanan sosial pada anak.

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, anak-anak juga tak mudah sakit, tulang dan otot menjadi kuat, lebih sehat dan buga, dan tentu mencegah obesitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com