Agar Anak Lebih Terbuka dengan Orangtua

Kompas.com - 23/11/2015, 10:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya berita mengenai kekerasan pada anak tentu membuat orangtua khawatir. Salah satu kunci mencegah terjadinya kekerasan pada anak adalah adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.

Diharapkan anak bisa menceritakan segala hal yang ia alami di sekolah, tempat bermain, atau bahkan di rumah sendiri jika terjalin komunikasi yang baik dengan orangtuanya.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, untuk membuat anak lebih terbuka memang perlu waktu yang tak sebentar.  Hal itu bisa dimulai dengan meluangkan waktu bersama anak setiap hari.

"Luangkan waktu berdua saja dengan anak. Atur waktu 10-15 menit menghabiskan waktu dengan santai. Lakukan aktivitas menyenangkan, tidak melulu tanya pelajaran, tanya nilai," kata Vera di Jakarta beberapa waktu lalu.

Buatlah anak nyaman berkomunikasi sehingga mau menceritakan apa saja dengan orangtua. Biasanya, anak yang tidak mau terbuka dengan orangtua karena takut dimarahi atau disalahkan.

Vera mengatakan, jadilah pendengar yang baik ketika anak bercerita tanpa memarahi maupun memojokkannya. Hindari gaya interogasi, seperti sering menanyakan hal yang sama setiap hari.

Orangtua bisa bercerita terlebih dahulu untuk memancing anak bercerita tanpa harus ditanya. Membiasakan anak untuk bercerita juga dapat mencegah terjadinya kekerasan, termasuk kekerasan seksual.

"Diharapkan anak bisa segera lapor kalau ada apa-apa. Misalnya, anak sudah tidak nyaman dengan sopir antar jemputnya. Jadi dari awal bisa diambil tindakan oleh orangtua," papar Vera.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X