Kompas.com - 30/11/2015, 11:48 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Kiropraktik (chiropractic) merupakan metode alternatif untuk mengatasi gangguan nyeri punggung tanpa tindakan operasi atau obat. Meski demikian, tidak semua penyebab nyeri bisa diatasi dengan metode ini.

Dijelaskan oleh dr.Mahdian Nur Nasution, spesialis bedah saraf, metode kiropraktik bertujuan untuk memperbaiki susunan tulang belakang yang salah.

"Kiropraktik ini mirip seperti pijat, tapi penekanannya pada sendi tulang," kata Mahdian.

Meski sepintas mirip dengan fisioterapi, tetapi kiropraktik tidak menggunakan bantuan alat-alat (modalitas). "Kalau fisioterapi terkadang memakai laser atau modalitas lainnya," ujarnya.

Mahdian menambahkan, kasus yang bisa ditangani oleh kiropraktik sangat terbatas. Untuk gangguan nyeri pinggang yang diakibatkan oleh kesalahan postur memang bisa diatasi dengan metode tersebut.

"Tetapi untuk kasus nyeri pinggang karena faktor infalamasi seperti kerusakan sendi facet atau pun saraf terjepit, tentu tidak bisa," ujarnya.

Nyeri pinggang adalah nyeri yang tampak sederhana tetapi terkadang sulit diobati. Ada lebih dari 60 hal yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri di bagian tubuh ini. Karena itu diperlukan pemeriksaan yang teliti sehingga penangannya juga optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.