Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Semua Keluhan Nyeri Punggung Bisa Diatasi Kiropraktik

Kompas.com - 30/11/2015, 11:48 WIB
KOMPAS.com - Kiropraktik (chiropractic) merupakan metode alternatif untuk mengatasi gangguan nyeri punggung tanpa tindakan operasi atau obat. Meski demikian, tidak semua penyebab nyeri bisa diatasi dengan metode ini.

Dijelaskan oleh dr.Mahdian Nur Nasution, spesialis bedah saraf, metode kiropraktik bertujuan untuk memperbaiki susunan tulang belakang yang salah.

"Kiropraktik ini mirip seperti pijat, tapi penekanannya pada sendi tulang," kata Mahdian.

Meski sepintas mirip dengan fisioterapi, tetapi kiropraktik tidak menggunakan bantuan alat-alat (modalitas). "Kalau fisioterapi terkadang memakai laser atau modalitas lainnya," ujarnya.

Mahdian menambahkan, kasus yang bisa ditangani oleh kiropraktik sangat terbatas. Untuk gangguan nyeri pinggang yang diakibatkan oleh kesalahan postur memang bisa diatasi dengan metode tersebut.

"Tetapi untuk kasus nyeri pinggang karena faktor infalamasi seperti kerusakan sendi facet atau pun saraf terjepit, tentu tidak bisa," ujarnya.

Nyeri pinggang adalah nyeri yang tampak sederhana tetapi terkadang sulit diobati. Ada lebih dari 60 hal yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri di bagian tubuh ini. Karena itu diperlukan pemeriksaan yang teliti sehingga penangannya juga optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com