Kompas.com - 20/12/2015, 10:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sejak lama, para ilmuwan percaya bahwa olahraga tak hanya memberikan kekuatan lebih pada otot, namun juga otak. Salah satunya ialah meningkatkan memori jangka panjang yang bisa menjauhkan Anda dari segala penyakit lupa.

Menariknya, baru-baru ini sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, menunjukkan adanya manfaat lain dari olahraga.

Walau Anda hanya melakukan olahraga ringan seperti lari santai di treadmill sambil menonton televisi, kegiatan tersebut bisa meningkatkan kemampuan visual otak.

“Korteks visual, yaitu sebuah bagian di mana otak menerima dan memproses informasi visual dari mata, sebelumnya dianggap sebagai bagian yang tidak memiliki peran dalam mengubah kemampuan visual seseorang di masa dewasa. Namun nyatanya, aktivitas fisik dapat meningkatkan kemampuan korteks visual untuk menguatkan penglihatan. Ini sangat penting dan mengejutkan,” papar Dr. Claudia Lunghi, seorang neuroscientist di University of Pisa Italia yang merupakan penulis utama studi tersebut kepada The Huffington Post.

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, Lunghi dan rekan penulisnya Dr. Alessandro Sale, seorang ilmuwan di National Research Council's Neuroscience Institute di Italia, mengukur kemampuan korteks visual pada 20 orang dewasa.

Selama penelitian, peserta diminta untuk menonton film sambil bersantai di sofa. Setelah itu, mereka lantas diminta untuk menonton film sambil berolahraga pada sepeda statis dalam waktu 10 menit.

Hasilnya, para peneliti menemukan perbedaan kekuatan visual peserta. Setelah latihan, kemampuan korteks visual menjadi meningkat, sehingga penglihatan menjadi lebih jelas.

Para peneliti mencatat, bahwa efek ini bisa terjadi karena olahraga dapat menyebabkan penurunan konsentrasi inhibitory neurotransmitter di otak yang disebut GABA, yang berarti saat konsentrasi neurotransmitter turun, maka kemampuan visual akan meningkat.

Lunghi mengatakan, walau efek tersebut hanya berlangsung sekitar 1 jam setelah latihan, latihan fisik secara teratur bisa meningkatkan kemampuan visual otak dalam jangka panjang.

Para peneliti menyimpulkan, olahraga akan sangat mungkin memainkan peran penting dalam perawatan mata, seperti amblyopia yang dikenal sebagai "mata malas”.

Para peneliti berencana untuk menguji efek olahraga pada pasien amblyopia dewasa dalam studi mendatang. Dan ilmuwan lain setuju bahwa penelitian lebih lanjut sangatlah diperlukan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.