Kompas.com - 22/12/2015, 13:00 WIB
Ilustrasi yoga shutterstockIlustrasi yoga
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Yoga merupakan aktivitas fisik yang sangat beragam gerakannya. Jika tidak dilakukan dengan benar, pose yoga bisa menimbulkan cedera. Salah satunya adalah cedera pergelangan tangan. Sebab, tak sedikit pose yoga yang bertumpu pada bagian tangan.

Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Bedah Tangan dan Mikro dari RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan Margareta Arianni mengatakan, cedera pada pergelangan tangan bisa terjadi jika tekanan pada tangan tidak merata. Misalnya, tekanan besar hanya di pangkal pergelangan tangan.

"Yang bikin cedera biasanya jika hanya menumpu di salah satu tangannya saja. Harusnya menumpu juga di ujung-ujung jari sehingga terdistribusi di seluruh telapak tangan," ujar Margareta dalam diskusi di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Cedera pada pergelangan tangan ini rentan dialami jika tidak melakukan gerakan dengan benar. Jika belum terlatih melakukan berbagai pose yoga, sebaiknya tidak memaksakan diri atau didampingi instruktur.

Pose yoga yang bertumpu pada pergelangan tangan juga tidak disarankan dilakukan oleh penderita carpal tunnel syndrome, yaitu gangguan saraf pada lorong karpal atau jalur pada pergelangan tangan yang berfungsi untuk menggerakkan jari tangan.

Menurut Margareta, nyeri pada pergelangan tangan jangan dianggap sepele dan perlu dilakukan pemeriksaan, apalagi jika nyeri tak kunjung hilang. Meski terlihat tidak terlalu berbahaya, nyeri pergelangan tangan dapat mengganggu produktivitas.

"Bagian pergelangan tangan itu tidak sesederhana sendi lutut. Supaya pergelangan tangan berfungsi dengan baik harus ada keseimbangan kompleks antara tulang, ligamen, tandon, dan sebagainya," jelas Margareta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X