Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Nyeri Punggung Sebaiknya Tak Malas Olahraga

Kompas.com - 13/01/2016, 13:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com - Saat terkena nyeri punggung bawah, rasanya enggan untuk bangkit dari ranjang. Ternyata, cara terbaik untuk bebas dari nyeri punggung adalah dengan bergerak.

Studi yang baru diterbitkan di jurnal JAMA Internal Medicine menganalisa studi-studi sebelumnya metode pengobatan untuk nyeri punggung bawah yang diderita sekitar 80 persen manusia di satu titik dalam hidupnya.

Peneliti menyimpulkan berdasarkan bukti yang ada, olahraga dipadu dengan edukasi (misalnya informasi mengenai nyeri punggung bawah, postur dan olahraga) cenderung menurunkan risiko nyeri punggung bawah. Sementara olahraga sendiri juga ditemukan efektif, namun peneliti mengatakan masih belum jelas apakah efek ini akan bertahan lebih dari setahun.

"Penemuan ini mengemukakan isu penting olahraga tetap melindungi kita dari nyeri punggung bawah di masa depan. Tampaknya masih dibutuhkan terus olahraga," tulis para peneliti.

Menariknya, peneliti menemukan manfaat dari semua jenis olahraga berbeda, termasuk penguatan punggung dan perut, peregangan, dan sejumlah olahraga lain.

Sebelumnya ada riset yang meneliti yoga. Olah tubuh dan jiwa dari India ini secara spesifik ditemukan memperbaiki nyeri punggung untuk pria dan wanita.

Diperkirakan yoga bermanfaat, karena merupakan kombinasi penguatan otot dan peregangan. Periset dari studi baru ini tidak menemukan bukti kuat lain untuk mendukung teknik lain untuk mengurangi nyeri punggung seperti back belt atau ganjalan di tumit.

Dalam editorialnya, Dr Timothy S. Carey dan Janet K. Freburger dari University of North Carolina di Chapel Hill menulis kekambuhan nyeri punggung bawah lazim terjadi, sekitar 24 sampai 80 persen dari episode kekambuhan di tahun pertama.

Dinilai penting bagi dokter untuk merekomendasikan olahraga bagi penderitanya. Mereka yang mengalami nyeri tersebut diharapkan tetap termotivasi dan terus berolahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com