Kompas.com - 20/01/2016, 14:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Menstruasi merupakan proses alami yang terjadi pada wanita. Akan tetapi, tak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang sehat.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Yassin Yanuar MIB mengungkapkan, menstruasi yang normal akan terjadi secara teratur antara 21-35 hari sekali.

"Jika mesntruasi 40 hari sekali, atau ada juga yang sampai tiga bulan sekali baru menstruasi, itu tanda ada gangguan ovulasi," terang Yanuar dalam diskusi media di Jakarta, Selasa (19/1/1016).

Dilihat dari durasinya, menstruasi yang sehat akan terjadi 3-7 hari atau rata-rata selama lima hari. Hal ini berkaitan dengan jumlah darah menstruasi yang dikeluarkan. Normalnya sekitar 80 cc darah per hari.

Yassin menjelaskan, dalam satu pembalut yang digunakan wanita biasanya bisa menampung 15-20 cc darah.

"Nah, dihitung berapa kali ganti pembalut dalam sehari. Biasanya, maksimal empat pembalut dalam sehari. Jika teralu sedikit, atau terlalu banyak darah yang keluar, mungkin ada sesuatu," ungkap Yassin.

Kemudian, ciri-ciri menstruasi yang sehat lainnya, yaitu tidak disertai nyeri secara berlebihan. Jika setiap kali selalu terjadi nyeri hebat, bisa jadi tanda adanya kista.

Dalam penelitian yang pernah dilakukan tim dari Universitas Indonesia, darah haid wanita yang menderita kista atau endometriosis ternyata mengandung serabut saraf. Serabut saraf itulah yang menyebabkan rasa nyeri saat menstruasi.

Yassin menambahkan, siklus menstruasi yang bermasalah bisa menjadi tanda tidak sehatnya sistem reproduksi wanita. Hal ini pun bisa membuat wanita berisiko mengalami infertilitas atau ketidaksuburan.

Untuk itu, jika mengalami ciri-ciri menstruasi yang tidak sehat, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.