Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa Pakai Kosmetik Turunkan Level Zat Kimia di Kulit

Kompas.com - 11/03/2016, 10:00 WIB
KOMPAS.com - Mengistirahatkan kulit dengan cara berpuasa menggunakan kosmetik ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya menurunkan kadar zat kimia berbahaya.

Berbagai zat kimia memang ditemukan dalam produk sehari-hari. Produk perawatan kulit, termasuk make up, parfum, produk rambut, dan juga tabir surya, merupakan produk yang mengandung banyak zat kimia. Termasuk di dalamnya platalet, paraben, triklosan, dan oxybenzon, yang bisa mengganggu sistem hormonal.

Gangguan pada hormonal itu bisa menyebabkan ketidakseimbangan dan juga masalah terkait dengan saraf, bahkan juga memicu berbagai penyakit.

Peneliti dari Universitas California, Berkeley, melakukan riset untuk mengetahui berapa lama zat kimia tersebut bertahan dalam tubuh.

Kemudian mereka meminta 100 responden untuk berhenti menggunakan kosmetik dan produk perawatan tubuh selama tiga hari.

Melakukan puasa memakai produk perawatan tubuh ternyata bisa menurunkan level zat kimia pengganggu hormon. Dalam contoh urine yang diambil sebelum dan setelah detoks tersebut diketahui ada penurunan propyl paraben (kosmetik) 45 persen, methyl parabens (kosmetik) 44 persen, benzophenone-3 (di tabir surya), triklosan (antibakteri), dan juga penurunan diethyl phtahalete (di parfum) turun 27 persen.

"Penurunan level zat kimia setelah tidak memakai produk-produk itu setelah tiga hari merupakan cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat perbedaan," kata Maritza Cardenas, peneliti.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com