Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2016, 18:09 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Alergi adalah sebuah kondisi di mana tubuh memiliki respon yang berlebihan terhadap suatu zat tertentu. Gejala alergi bisa sangat mengganggu kenyamanan, seperti gatal-gatal, hidung mampat, bersin dan mata berair.

Pada beberapa kasus, alergi berat, terutama yang mengganggu pernapasam, bisa menyebabkan kematian. Redakan gejala-gejala alergi dengan cara yang sederhana di bawah ini, dan sebisa mungkin hindari benda atau zat yang membuat alergi Anda kambuh.

Makan bawang merah dan putih
Keduanya kaya akan quercetin, antioksidan yang mencegah sel melepas histamin. Histamin adalah senyawa nitrogen organik lokal yang terlibat dalam respon imun. Sistem imun akan bereaksi ketika penderita alergi terpapar oleh zat alergen.

Berciuman
Sebuah penelitian baru menemukan, bahwa orang yang menderita gejala alergi memiliki tingkat penanda reaksi alergi yang rendah.

Namun, setelah mereka berciuman bibir dengan mesra, penanda reaksi tersebut meningkat. Bermesraan bisa meringankan peradangan yang disebabkan oleh stres dan mengurangi gejala alergi.

Minum teh hijau
Para peneliti dari Kyushu University di Jepang menemukan, bahwa senyawa dalam teh hijau yang disebut EGCG dapat menghalangi produksi histamin dan IgE yang diproduksi tubuh saat alergi kambih. Anda bisa minum teh hijau hangat, agar gejala alergi segera lenyap.

Bersihkan rumah
Setiap kali Anda masuk rumah, Anda membawa debu dan serbuk sari, yang dapat menyebabkan banyak gejala alergi. "Lepaskan sepatu Anda sebelum atau segera setelah masuk rumah," kata Howard. Sapu dan pel lantai Anda setidaknya sekali sehari.

Komsumsi vitamin C
Vitamin C adalah antihistamin yang telah terbukti secara ilmiah. "Selama musim alergi, saya memberitahu pasien saya untuk mengonsumsi 1.000 sampai 2.000 miligram vitamin C setiap hari," kata Martha Howard, gelar M.D., dokter pemgobatan integratif di Wellness Associates of Chicago.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Shape
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+