Kompas.com - 16/04/2016, 11:19 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bila Anda mencari kiat untuk menurunkan berat badan dengan cepat di Google, ada ribuan tips yang bisa segera didapatkan.  Tetapi, tak banyak kiat efektif dari mereka yang sudah berhasil menurunkan bobot tubuh dan menjaganya dalam jangka panjang.

Bila Anda sedang butuh masukan mengenai penurunan berat badan yang efektif, kami pilihkan beberapa tips dari orang yang sudah sukses melakukannya.

1. Melawan keinginan makan manis
Craving, alias keinginan untuk ngemil, terutama gula, adalah satu hal yang sulit dihilangkan. Mereka yang sudah berhasil turun sampai 44 kilogram bobot tubuhnya biasanya adalah yang bisa melawan keinginan makan manis.

Bukan hanya berpantang konsumsi gula, mereka juga pintar mencari penggantinya. "Saat saya sedang ingin makan es krim, saya membuat gantinya dengan pisang beku yang dicampur sedikit selai kacang dan bubuk cokelat. Semuanya diaduk sampai halus dan didinginkan," kata Sarah Knowles Lugger yang berhasil menurunkan berat badannya sampai 68 kg.

2. Konsumsi makanan asli
Pola diet yang efektif adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, salah satunya dengan mengasup makanan utuh. Hindari metode diet yang mengharuskan Anda mengonsumsi "makanan" dalam bentuk minuman khusus atau jus.

Cara-cara diet instan seperti itu hanya akan merusak mood dan menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan metabolisme. Mulailah mengonsumsi makanan asli, bukan pil atau minuman.

3. Menikmati olahraga
Jika Anda ingin menjaga berat badan tetap stabil, pelajari cara untuk menikmati olahraga. Jangan menganggap olahraga sebagai sebuah hukuman, tapi cara murah dan mudah untuk menyehatkan tubuh dan sebagai kegiatan menyenangkan.

4. Tak sering menimbang badan
Menimbang berat badan seminggu sekali berguna untuk melihat kemajuan program yang kita jalani. Sebaliknya, setiap hari menimbang badan justru bisa membuat kita stres karena merasa upaya yang dilakukan tak memberi hasil. Tak perlu cemas jika Anda merasa penurunan berat Anda stagnan, fokuslah pada pakaian yang terasa lebih longgar.

5. Cukup minum air
Gantilah kebiasaan Anda mengonsumsi minuman mengandung gula (bukan cuma soda tapi juga jus buah) dengan air putih. Cukup minum air memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Selain itu, banyak orang salah mengira dehidrasi dengan rasa lapar, sehingga akhirnya makan berlebihan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.