Pemilik Anjing Ternyata Lebih Sehat dan Langsing

Kompas.com - 09/05/2016, 11:17 WIB
Pecinta anjing membawa anjingnya dalam acara Alpo Dog Run, di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Minggu (24/5/2015). Sebanyak sekitar 300 pecinta anjing turut serta dalam kegiatan yang melombakan beberapa kategori antara lain dog run, dog sprint hingga lomba kostum. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESPecinta anjing membawa anjingnya dalam acara Alpo Dog Run, di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Minggu (24/5/2015). Sebanyak sekitar 300 pecinta anjing turut serta dalam kegiatan yang melombakan beberapa kategori antara lain dog run, dog sprint hingga lomba kostum.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jalan-jalan bersama anjing kesayangan ternyata bermanfaat untuk menurunkan kelebihan berat dan kebutuhan mengunjungi dokter.

Riset pun membuktikan jalan-jalan dengan anjing meningkatkan secara keseluruhan level olahraga di kalangan usia 60 ke atas. Dan hubungan emosional yang terbentuk antara si pemilik dan hewan kesayangan itu juga bermanfaat secara sosial. Hubungan itu juga mendorong kontak dengan pemilik anjing lain.

"Ada banyak bukti bahwa jalan kaki bermanfaat untuk kesehatan," kata pemimpin penelitian Angela Curl yang sekaligus asisten profesor di departemen family studies and social work Miami University, Oxford, Ohio.

"Hal yang membuat jalan-jalan bersama anjing jadi unik adalah relasi antara manusia dengan anjing, juga cara anjing memotivasi perilaku berjalan majikannya," katanya.

"Studi lain membuktikan kebutuhan anjing memberikan motivasi untuk keluar dan berjalan. Penemuan kami mengilustrasikan bahwa hubungan emosi antara manusia dengan anjing berperan penting untuk keluar dan berjalan," tambahnya.

Curl dan rekan-rekannya mendiskusikan karya mereka yang dimuat dalam penerbitan terbaru The Gerontologist.

Peneliti mencatat bahwa di tahun 2014, Center for Disease Control and Prevention (CDC) di AS merekomendasikan bahwa semua orang dewasa tanpa memandang umur untuk melakukan aktivitas sedang setiap pekan minimun selama 150 menit .

Berjalan kaki tampaknya menjadi aktivitas paling sering di kalangan usia 60 tahun ke atas.

Untuk mengeksplorasi dampak kepemilikan anjing terhadap hal tersebut, tim peneliti menganalisa data yang melibatkan perwakilan nasional sampel 771 pria dan wanita usia 50 tahun ke atas dikumpulkan pada 2012 oleh Health and Retirement Study.

Lebih dari sepertiga peserta (271) memiliki paling tidak satu anjing. Hewan selain anjing tidak dipertimbangkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X