Kompas.com - 09/05/2016, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Halo dok, anak saya berusia 9 bulan mengapa sering sekali sakit flu dan sakitnya bisa lama sembuhnya. Selain itu kalau dia tidur juga seperti ngorok (seperti ada lendirnya). Mohon saranya bagaimana agar ia tidak gampang sakit dan terapi pengobatan untuk flu pada anak.
 
Siti Rahmawati, Jakarta

JAWAB:

Flu like illness (FLI) atau selesma atau common cold adalah gejala infeksi saluran napas akut (ISPA) bagian atas. Penyebabnya adalah virus. Gejalanya berupa batuk dan/atau pilek, dapat disertai demam, anak rewel, minum/makannya berkurang dan sebagainya.

Biasanya gejalanya bervariasi dari yang ringan sampai cukup berat dan berlangsung antara 5-7 hari, biasanya penyakit ini sembuh dengan sendirinya (self-limitting disease).

Pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan karena gejala infeksi virus berulang, misalkan di ada anggota keluarga bergantian menderita ISPA, atau pada anak dengan bakat alergi dan ia terus terpapar oleh zat-zat yang dapat mencetuskan gejala alerginya muncul seperti terpapar oleh asap rokok, debu, bulu-bulu hewan peliharaan dan sebagainya.

Pengobatan yang efektif tergantung dari penyebabnya, namun pastikan ia tetap mendapat asupan yang cukup, nutrisi, cairan dan bila perlu diberikan obat tetes hidung berupa cairan garam normal (Natrium klorida 0,9%).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.