Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2016, 09:38 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Kanker paru merupakan salah satu penyakit kanker yang banyak diderita masyarakat di dunia, terutama pada mereka yang punya kebiasaan merokok. Sayangnya, banyak pasien kanker paru yang datang terlambat ke dokter. Salah satunya karena tak menyadari gejala yang muncul.

Tingkat keberhasilan pengobatan pun menjadi rendah jika kanker tidak ditemukan sejak awal. Untuk itu, kenali tujuh gejala kanker paru yang sering terabaikan berikut seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. Batuk darah
Batuk darah jelas bukan pertanda baik bagi kesehatan tubuh. Seorang profesor dan juga ketua bedah toraks dari Mount Sinai School of Medicine di New York City, Raja Flores, MD mengatakan, orang yang mengalami batuk darah harus segera periksa ke dokter.

Batuk berdarah bisa jadi tanda adanya kanker paru, walau perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

2. Nyeri dada
Selain menjadi tanda serangan jantung, nyeri dada juga menjadi gejala kanker paru. Tandanya, Anda sering merasa sakit di dada, punggung, hingga bahu. Terkadang bisa disertai rasa sesak di dada.

"Anda merasakan sakit di mana tumor itu berada. Jika tumor berada di belakang dada, Anda bisa merasakan sakit di punggung," kata Flores.

3. Batuk terus-menerus
Batuk bisa disebabkan oleh sesuatu yang ringan seperti sedang flu dan alergi. Namun, jika batuk tak juga berhenti dalam waktu yang lama, bisa jadi tanda penyakit lebih serius, seperti kanker paru.

"Adanya kanker di jalan napas dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat Anda batuk, "kata Dr. Flores. Menurut Flores, adanya kanker juga dapat menghasilkan lendir, yang membuat batuk lebih buruk

4. Sesak napas
Jika Anda tiba-tiba merasa terengah-engah ketika menaiki tangga atau sekedar berjalan, bisa jadi gejala kanker paru-paru, terutama jika disertai dengan gejala lainnya.

"Sesak napas bisa berasal dari tumor menghalangi tenggorokan. Hal ini juga dapat berasal dari akumulasi cairan di dada yang mendorong atau menekan paru-paru sehingga kurangnya udara, "kata Dr. Flores.

Kesulitan bernapas ketika sedang duduk atau berbaring bisa jadi tanda masalah. Segera periksa ke dokter.

5. Sangat lelah
Menurut American Cancer Society, penurunan berat badan dan hilang napsu makan bisa jadi tanda kanker paru-paru. Selain itu, diikuti rasa lelah berlebihan, padahal Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

6. Asma
Jika Anda didiagnosis asma saat sudah dewasa atau usia lebih tua, waspadai gejala kanker paru. Menurut Flores, hal ini memang gejala kanker paru yang tidak biasa. Lebih baik Anda segera melakukan skrining untuk mengetahui ada atau tidaknya tumor ganas di paru-paru.

7. Sakit di seluruh tubuh
Mulai dari sakit kepala, gangguan keseimbangan, mati rasa pada tungkai, bisa jadi gejala kanker paru. Akan tetapi, kemungkinan kanker telah menyebar ke otak atau sumsum tulang belakang. Sedangkan, jika mata dan kulit menguning, bisa jadi telah menyebar ke hati hingga kelenjar getah bening.

Kanker paru-paru sering kali tidak menunjukkan gejala hingga sudah stadium lanjut. Banyak pasien baru terdiagnosis ketika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain. Untuk itu, terapkan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker paru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com