Kompas.com - 19/05/2016, 10:13 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Halo dokter, sekitar 3 bulan yang lalu saya keguguran saat kehamilan usia 6 minggu. Sampai saat ini memang belum tahu apa penyebab kegugurannya, karena hasil TORCH bagus semua. Kata ibu saya, kemungkinan saya keguguran karena toksoplasma. Apakah benar virus toksoplasma adalah penyebab utama keguguran? Bagaimana mencegahnya agar saya tidak mengalami keguguran lagi nantinya? Mohon penjelasannya ya dok.
Viera (26), Jakarta


JAWAB:

Keguguran pada usia kehamilan 6 minggu banyak sekali penyebabnya. Kemungkinan janinnya belum keliatan.

Beberapa kemungkinan penyebab keguguran pada hamil muda :
1. Kelainan kromosom
2. Infeksi, antara lain TORCH, HIV, Hepatitis, Chlamidya
3. Kelainan darah
4. Lain-lain seperti trauma, kelelahan , dsb.

Pada umumnya kita tidak terlalu mengejar untuk mencari tahu penyebabnya. Biasanya seorang wanita juga akan akan hamil lagi dalam waktu 3 bulan setelah abortus.

Adapun pencegahan keguguran berulang adalah dengan mengupayakan hidup sehat. Jiwa dan raganya. Imbangi dengan pola makan yang sehat, olah raga dan istirahat yang cukup.

Semoga segera hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.