Kompas.com - 22/05/2016, 21:57 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Orang-orang yang memutuskan untuk menghindari produk losion, salep, dan produk kulit lainnya yang tidak terdaftar lebih mungkin untuk menghindari terjadinya infeksi kulit dan efek kanker yang lebih buruk.

 

Para Peneliti Utah menyurvei penggunaan losion dan salep yang tak terdaftar dan menemukan bahwa sebagian besar produk mengandung seng klorida dan sanguinarine, dua bahan korosif yang dapat merusak kulit, tulis tim peneliti dalam Journal of American Academy of Dermatology.

 

Losion tak terdaftar secara luas menyebar secara online, disebut-sebut sebagai cara untuk menghindari atau bahkan mengobati kanker kulit atau mengurangi jaringan parut akibat operasi.

 

Walau bisa menyebabkan lesi memudar, penulis menjelaskan, kanker bisa tumbuh dalam kulit dan tak terlihat, tidak terdiagnosis, sehingga berpotensi mengancam nyawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Orang-orang yang menggunakan losion tak terdaftar sebagian besar tidak menyadari seberapa serius efek sampingnya," kata penulis senior Dr Mark Eliason dari University of Utah di Salt Lake City.

 

Lynne McFarland, seorang peneliti di U.S. Department of Veterans Affairs yang tak terlibat dalam penelitian mencatat, banyak orang sering beralih ke produk yang dijual di internet tanpa mendapatkan nasihat medis yang valid.

 

Ia menyarankan, bila berhubungan dengan kesehatan kulit, seperti munculnya penggelapan yang tak biasa, munculnya bintik hitam, atau jaringan parut yang meluas pasca operasi, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung pada ahli kulit untuk mendapatkan produk yang tepat. Ini bisa menghindari Anda dari kemungkinan tumbuhnya kanker kulit yang parah.


Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X