Kompas.com - 23/05/2016, 11:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada alasan kuat mengapa para peminum alkohol lebih sulit berhenti merokok. Ini karena saat banyak minum, nikotin lebih cepat dipecah dalam tubuh. Akibatnya, dorongan untuk merokok menjadi lebih kuat.

"Penelitian mengungkap, konsumsi alkohol berat akan meningkatkan metabolisme nikotin, sehingga angka berhenti merokok pada peminum alkohol memang lebih rendah," kata ketua peneliti Maciej Goniewicz.

Metabolisme nikotin adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan seberapa cepat tubuh memecah zat adiktif ini.

Orang yang metabolisme nikotinnya rendah, akan lebih mudah untuk berhenti karena nikotin bertahan lebih lama di tubuhnya. Sehingga keinginan untuk merokok tak terlalu tinggi. Nah, penelitian menunjukkan, alkohol membuat pemecahan nikotin menjadi lebih cepat.

Dalam penelitian ini, para ahli mengukur penanda (marker) yang menunjukkan level nikotin pada perokok pria di Polandia yang mengikuti program kecanduan alkohol. Pengukuran dilakukan langsung setelah mereka berhenti minum, serta pada minggu ke-empat dan ke-tujuh.

Hasil studi menunjukkan, metabolisme nikotin kembali normal pada minggu keempat setelah seseorang berhenti minum alkohol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber HEALTHDAY

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.