Kompas.com - 27/05/2016, 13:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Cara kita menjaga kebersihan gigi sehari-hari mungkin tanpa kita sadari justru berakibat negatif. Misalnya saja penggunaan sikat gigi elektrik yang tidak tepat.

Menurut dokter gigi Tariq Idrees, sikat gigi elektrik terbukti percuma membersihkan gigi jika tidak digunakan dengan tepat.

Sikat gigi ini memang praktis, kita tinggal menekan tombol dan menempelkan sikat pada permukaan gigi maka otomatis gigi akan dibersihkan. Namun, penekanan sikat yang terlalu keras justru bisa membuatnya tidak efektif menyingkirkan kotoran. Jadi, ikuti saja gerakan sikat sampai semua gigi dibersihkan.

Sikat gigi elektrik sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki gigi sensitif. Pada orang yang menderita gangguan gigi ini, penyikatan manual yang terlalu keras bisa memperparah hilangnya email atau lapisan luar gigi.

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan adalah berkumur terlalu cepat setelah menyikat gigi. Idrees mengatakan, seharusnya kita menunggu beberapa saat.  Terlalu cepat berkumur akan menghilangkan fluoride sebelum sempat menempel di email gigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.