Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit Kepala Sebelah karena Jarang Terpapar Matahari Pagi

Kompas.com - 13/06/2016, 13:10 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Migrain merupakan sakit kepala parah yang terjadi pada satu sisi kepala dan terkadang disertai mual. Para peneliti menduga, kurangnya paparan sinar matahari pagi dapat memicu serangan migrain pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda.

Jarang terpapar sinar matahari pagi bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin D. Penelitian menemukan, sebagian besar pasien migrain ternyata mengalami kekurangan vitamin D, vitamin B2 atau riboflavin, dan koenzim Q10 (CoQ10). Koenzim tersebut membantu tubuh memroduksi energi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel.

Penemuan ini dipaparkan dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Amerika Headache Society ke-58 di San Diego. Vitamin D sendiri diproduksi di bawah kulit ketika tubuh terpapar sinar matahari pagi. Sedangkan riboflavin terkandung dalam susu, telur dan nasi, yang bisa membantu menjaga kulit, mata dan sistem saraf yang sehat dan membantu pelepasan energi tubuh.

Dalam penelitian, para ahli ingin mengetahui apakah pemberian suplemen vitamin dapat mencegah serangan migrain. Selama ini, obat-obatan yang ada hanya bisa meredakan sakit kepala bagi beberapa pasien.

Penelitian menunjukkan, jika pasien hanya minum suplemen vitamin saja, ternyata belum efektif mencegah migrain. Menurut dokter Suzanne Hagler, perlu penelitian lebih lanjut untuk menemukan pengobatan baru yang efektif untuk pasien migrain.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan apakah suplemen vitamin efektif pada pasien migrain pada umumnya, dan apakah pasien dengan defisiensi vitamin yang ringan lebih mendapatkan keuntungan dari pemberian suplemen," kata Suzanne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com