Kompas.com - 13/06/2016, 13:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Migrain merupakan sakit kepala parah yang terjadi pada satu sisi kepala dan terkadang disertai mual. Para peneliti menduga, kurangnya paparan sinar matahari pagi dapat memicu serangan migrain pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda.

Jarang terpapar sinar matahari pagi bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin D. Penelitian menemukan, sebagian besar pasien migrain ternyata mengalami kekurangan vitamin D, vitamin B2 atau riboflavin, dan koenzim Q10 (CoQ10). Koenzim tersebut membantu tubuh memroduksi energi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel.

Penemuan ini dipaparkan dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Amerika Headache Society ke-58 di San Diego. Vitamin D sendiri diproduksi di bawah kulit ketika tubuh terpapar sinar matahari pagi. Sedangkan riboflavin terkandung dalam susu, telur dan nasi, yang bisa membantu menjaga kulit, mata dan sistem saraf yang sehat dan membantu pelepasan energi tubuh.

Dalam penelitian, para ahli ingin mengetahui apakah pemberian suplemen vitamin dapat mencegah serangan migrain. Selama ini, obat-obatan yang ada hanya bisa meredakan sakit kepala bagi beberapa pasien.

Penelitian menunjukkan, jika pasien hanya minum suplemen vitamin saja, ternyata belum efektif mencegah migrain. Menurut dokter Suzanne Hagler, perlu penelitian lebih lanjut untuk menemukan pengobatan baru yang efektif untuk pasien migrain.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan apakah suplemen vitamin efektif pada pasien migrain pada umumnya, dan apakah pasien dengan defisiensi vitamin yang ringan lebih mendapatkan keuntungan dari pemberian suplemen," kata Suzanne.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.