Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2016, 21:35 WIB

KOMPAS.com - Saat bayi menginjak usia 6 bulan, sudah saatnya memberikan asupan nutrisi lewat makanan padat. ASI memang masih diperlukan bayi, namun perkembangan bayi tentu membutuhkan asupan gizi lainnya dari makanan pendamping ASI. Nutrisi berikut ini akan membantu tumbuh kembang bayi mulai dari fisik hingga perkembangan otaknya.

 

1.Zat besi
Jenis mineral ini memainkan peran penting dalam produksi hemoglobin. Zat besi memiliki fungsi untuk memperlancar sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga membantu perkembangan keterampilan motorik dan memori otak.

Pastikan si kecil mendapatkan 11 miligram zat besi yang bisa didapat dari daging sapi, ayam, ikan, telur, alpukat, brokoli serta bayam.

 

2. Zinc
Hampir sama seperti zat besi, nutrisi ini menjaga otak bayi untuk terus berkembang dan bergerak. Zinc juga berfungsi untuk produksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi serta memastikan sel-sel tubuh bertumbuh dengan baik.

Jenis nutrisi ini, biasanya ada di dalam daging sapi dan daging ayam. Biasanya makanan yang mengandung zat besi juga mengandung zinc.

 

3. Kalsium dan Vitamin D
Kalsium sangat baik untuk mengembangkan tulang kuat dan vitamin D sangat baik untuk membantu penyerapan kalsium. ASI dan susu formula memang telah memberikan kalsium yang dibutuhkan bayi. Namun, Anda tetap perlu memberikan asupan kedua nutrisi ini yang bisa di dapatkan dari telur dan ikan.

 

4. Omega-3
Omega-3 memang dikenal untuk kesehatan jantung. Bagi bayi, nutrisi ini punya fungsi lain yakni membantu perkembangan otak dan mata.

Berbagai penelitian juga mengungkapkan, omega-3 akan membantu perkembangan kemampuan kognitif bayi. Lemak sehat ini pun, membantu tubuh menyerap vitamin A dan E. Omega-3 bisa didapatkan dari alpukat, salmon, tuna, minyak zaitun, dan lainnya.

 

5. Vitamin A, B, C dan E
Keempat jenis vitamin ini dapat membantu perkembangan saraf, organ mata, kulit hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Jenis vitamin ini menjadi paket lengkap sebagai nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Anda tak perlu ragu lagi untuk memasukkan berbagai jenis sayuran yang terbukti memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

Vitamin A berada di dalam wortel serta ubi. Sementara sayuran hijau dan pisang memiliki kandungan vitamin B yang tinggi. Vitamin C ada di dalam tomat, jeruk, stroberi hingga melon. Biji-bijian juga dibutuhkan karena mengandung vitamin E.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com