9 Tanda Anda Mungkin Memiliki Penyakit Jantung

Kompas.com - 14/08/2016, 15:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Autopsi terhadap Ratu Kecantikan North Dakota Amerika Serikat, Samantha Edwards, yang meninggal mendadak awal musim panas ini, menyatakan bahwa dia memiliki gangguan jantung yang tidak terdiagnosa.

Pihak keluarga berkata, Samantha bisa diselamatkan andai saja dia tahu mengenai kondisinya lebih awal. Menurut para ahli, ada gejala gangguan jantung yang harusnya kita sadari demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Sering ada tanda-tanda awal  bahwa jantung kita terganggu atau tidak bekerja dengan benar, kata  ahli jantung Laxmi Mehta, M.D., Women’s Cardiovascular Health at The Ohio State University Wexner Medical Center.

Untungnya, kondisi jantung yang tidak terdiagnosis jarang terjadi pada orang muda. Namun, ini bukan berarti orang muda sama sekali bebas dari risiko serangan jantung yang tidak terdeteksi sebelumnya.

Kabar baiknya,  kondisi ini bisa diobati  jika Anda segera sadar jika ada sesuatu yang salah dengan organ pemompa darah Anda. Inilah gejala awal serangan jantung yang perlu Anda waspadai:


1. Nyeri dada

Gejala ini umumnya terkait dengan masalah jantung, tetapi mungkin juga suatu gejala penyakit lain.  "Beberapa orang muda cenderung mengalami nyeri dada dan mereka berpikir itu normal,  terutama jika mereka sudah mengalaminya sejak kecil," kata Mehta.


2. Dada terasa seperti tertekan

Gejala ini terjadi  terutama ketika Anda sedang beraktivitas, jelas Ami Bhatt, M.D. direktur Program Penyakit Jantung Bawaan pada Orang Dewasa di Rumah Sakit Umum Massachusetts ini.


3. Sesak napas

Halaman:

Sumber SELF
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X