Kompas.com - 25/08/2016, 16:00 WIB
Katrin Davidsdottir, pemenang CrossFit Games 2015. YouTubeKatrin Davidsdottir, pemenang CrossFit Games 2015.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Membangun kekuatan dan kebugaran fisik memerlukan upaya yang menyeluruh, bukan sekadar rajin datang ke gym. Bahkan, porsi terbesar dari usaha itu adalah memperhatikan pola makan.

Katrin Davidsdottir, pemenang CrossFit Games 2015, membeberkan bagaimana pola makan sehari-hari yang ia lakukan. Wanita asal Islandia ini ternyata tidak membatasi asupan makanannya. Sebaliknya, ia mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Untuk sarapan, Katrin mengonsumsi tiga telur, yang digoreng di kedua sisi, separuh alpukat, buah, dan kopi yang diberi krim.

"Saya harus selalu makan telur, kalau tidak seharian akan terasa buruk. Untuk mendapat asupan lemak, saya makan separuh alpukat dan menambahkan krim ke dalam kopi," katanya.

Saat makan siang dan punya waktu luang, ia memilih salad ayam dan separuh alpukat. Bila tidak banyak waktu, ia akan langsung makan setelah selesai latihan, dan minum air kelapa dengan tambahan satu sendok protein cokelat dan juga buah.

Untuk makan malam, ia memilih sayur-sayuran berdaun gelap, seperti bayam, kale, dan brokoli. Proteinnya ia dapatkan dari daging ayam.

"Saat makan malam, saya terkadang memilih salmon untuk mendapatkan lemak sehat dan vitamin D," katanya.

Sebagai atlet yang hampir setiap hari melakukan latihan cukup berat, Katrin memang harus mendapatkan cukup protein dan karbohidrat.

"Karbohidrat akan memberi energi tubuh dan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot," kata Brigitte Zeitlin, ahli diet.

Katrin mengakui bahwa ia tak setiap hari disiplin pada pola makannya. "Terkadang saya juga suka ngemil, dan pilihannya adalah sesuatu yang manis," kata wanita yang sanggup mengangkat beban 114 kilogram ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.