Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2016, 21:00 WIB

TANYA:

Dok apakah hubungan seksual itu harus selalu diakhiri dengan orgasme? Bagaimana jika meski tidak pernah orgasme tapi tidak masalah, karena sudah cukup bahagia dengan pasangan? Sebenarnya, apa hambatan seorang wanita tidak bisa orgasme?
Kahfi (25)

JAWAB:

Hubungan seksual yang harmonis mestinya dinikmati bersama oleh setiap pasangan. Artinya, kedua pihak dapat merasakan kenikmatan (orgasme) dan kepuasan seksual. Kalau hubungan seksual tidak menyenengkan bagi salah satu pihak, dapat muncul akibat buruk.

Beberapa akibat buruk antara lain kecewa, jengkel, marah, dan muncul gejala psikosomatik misalnya susah tidur, sering sakit kepala. Akhirnya menjadi malas atau menolak melakukan hubungan seksual.

Sebagian pria merasa kecewa karena tidak dapat memuaskan istrinya, yang selanjutnya berpengaruh pada fungsi seksualnya juga.

Tetapi kalau Anda merasa tidak masalah dengan hubungan seksual tanpa orgasme, berarti Anda sudah dapat beradaptasi dengan hubungan seksual yang tidak utuh itu. Sepanjang tidak menimbulkan akibat seperti di atas, termasuk pada suami, ya tentu bukan masalah bagi Anda.

Ada beberapa penyebab mengapa seorang perempuan tidak mampu mencapai orgasme. Pertama, gangguan fungsi seksual pihak pria antara lain, ereksi yang tidak optimal, ejakulasi yang terlampau cepat.

Di pihak perempuan, antara lain gangguan fungsi seksual seperti perlendiran vagina yang terganggui dan gangguan hormon seks. Selain itu posisi hubungan seksual yang tidak efektif bagi perempuan, juga menghambat orgasme.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com