Kompas.com - 01/09/2016, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sering terserang sakit maag? Sebelum bergantung dengan obat lambung, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk cegah naiknya asam lambung.

Naiknya asam lambung merupakan kondisi umum di mana asam lambung naik dari lambung menuju kerongkongan, menyebabkan sensasi panas, sesak, hingga nyeri di dada yang sering disebut sebagai sakit maag.

“Gejala dapat bervariasi dan diobati dengan obat-obatan, tetapi sebelum itu, Anda dapat mencoba beberapa cara alami untuk mengatasi gejala sakit maag tanpa obat,” tutur Dr. Manny Alvarez.

Pertama, pastikan lemari pakaian Anda memiliki lebih banyak pakaian longgar. Sebab, tekanan ekstra pada perut, seperti saat mengenakan celana ukuran ketat, dapat membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Berikutnya, cobalah untuk makan sedikit-sedikit. Makan berlebihan bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap sakit maag, sementara porsi kecil sepanjang hari dapat mengurangi risiko itu. Jadi, makanlah dalam porsi kecil namun sering. Setelah itu, cobalah untuk duduk tegak setidaknya tiga jam sehingga makanan benar-benar dapat masuk ke sistem pencernaan.

Bila Anda perokok, cobalah kurangi beberapa batang saat sakit maag kerap datang. Nikotin dapat melemahkan otot-otot antara perut dan kerongkongan yang bertugas menjaga asam dalam perut. Ditambah, tembakau dapat menstimulasi perut untuk memproduksi lebih banyak asam lambung.

Terakhir, Anda juga perlu mengidentifikasi pemicu naiknya asam lambung. Mengetahui makanan yang menyebabkan asam refluks sangat penting dalam mengurangi gejala. Beberapa penyebab umum ialah makanan berlemak, makanan pedas, kafein, cokelat, minuman jeruk dan alkohol.

Jika gejala tidak membaik dari waktu ke waktu, atau melebihi dua bulan, barulah berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan pilihan pengobatan sesuai saran dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.