Kompas.com - 25/10/2016, 11:42 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ikut kelas sepeda dan mendorong diri berusaha sekuat tenaga saat latihan interval adalah elemen penting untuk mendapat hasil maksimal saat olahraga. Namun, hal-hal yang dilakukan selesai olahraga juga penting, karena akan berdampak terhadap respon tubuh.

"Dari makanan yang kita makan sampai jumlah istirahat, langkah yang diambil setelah olahraga berdampak pada pemulihan tubuh dan bahkan mungkin pertumbuhan," kata Julius Jamison, seorang pelatih di New York Health and Racquet Club.

Berikut ini lima hal yang pantang dilakukan setelah olahraga

1. Tidak cukup minum
Pada umumnya, kita tak punya cukup waktu untuk minum saat sibuk mengangkat beban atau melakukan gerakan lunges.

"Penting untuk minum air sedikit lebih dari biasanya setelah olahraga untuk merehidrasi tubuh," kata Rebecca Kennedy, seorang pelatih master di Barry’s Bootcamp.

Ia juga merekomendasikan minum setelah olahraga yang bikin tubuh berkeringat. "Anda butuh menggantikan glikogen dan elektrolit yang keduanya dibutuhkan untuk pemulihan," katanya.

2. Mengonsumsi makanan berlemak
"Lemak memperlambat proses pencernaan. Jangan mengonsumsi terlalu banyak lemak setelah olahraga," kata Jameson.

"Anda perlu makan nutrisi "cepat bekerja" yang mampu memasuki aliran darah dan masuk ke dalam sel dengan cepat," tambahnya.

Itu artinya Anda butuh memberi bahan bakar dengan cepat, sekitar 20 sampai 30 menit setelah olahraga dengan protein berkualitas dan karbohidrat untuk memberi makan otot-otot.

3. Tidak melakukan peregangan
Kadang kita harus cepat-cepat pergi ke kantor. Tetapi setelah olahraga, setelah otot berkontraksi selama satu jam, mendapatkan peregangan paling tidak selama 10 detik itu penting.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber SHAPE
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.