Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Kacamata yang nyaman dan pas untuk mengoreksi penglihatan memang bisa membuat kita malas menggantinya dengan yang baru. Padahal, kacamata juga memiliki "umur" dan perlu diperbaharui.

Ketahui apa saja tanda kacamata andalan Anda perlu diganti:

1. Mata nyeri
Mata bekerja seperti lensa kamera yang perlu menyesuaikan fokusnya pada objek dengan jarak yang berbeda-beda, mulai dari layar komputer hingga kendaraan yang di seberang jalan.

Bila lensa kacamata kita kurang tepat, maka mata menjadi lebih bekerja keras untuk menyesuaikan jarak pandang. Lama kelamaan mata menjadi tegang, kering, dan terasa nyeri.

2. Sakit kepala
Ketika mata kita bekerja lebih keras dari seharusnya, Anda mungkin akan mengalami rasa nyeri di sekitar mata, terutama setelah membaca buku, menatap layar komputer, atau melihat papan tulis. Ketegangan pada otot mata juga dapat memicu sakit kepala. Segera periksakan mata Anda bila belakangan ini Anda sering mengeluh sakit kepala, terutama setelah melakukan pekerjaan yang memakai mata terlalu lama.

3. Mengubah tampilan komputer
Sibuk mengubah tampilan layar komputer agar Anda bisa melihat dengan jelas? Masalahnya mungkin bukan pada setting komputer Anda, tetapi mata.

4. Sudah lama tak cek mata
Dokter menyarankan kita untuk memeriksakan mata setahun sekali. Terkadang resep kacamata tetap stabil sampai 2-3 tahun sebelum perlu menggantinya, tetapi mayoritas orang perlu melakukan penyesuaian setahun sekali.

5. Menyipitkan mata
Menyipitkan mata merupakan cara untuk melihat objek secara lebih jelas, terutama jika mata kita tak bisa diandalkan. Tetapi, ini bukan cara yang baik dalam jangka panjang, karena bisa memicu sakit kepala. Lebih baik periksakan kondisi mata Anda untuk mengetahui ada tidaknya rabun jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com